PENTINGNYA KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PADA SEBUAH ORGANISASI

Sahrudin Sahrudin(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Seorang pemimpin dalam sebuah organisasi memiliki peranan penting dalam mengarahkan dan mempengaruhi para bawahannya. Tanpa adanya orang yang mengatur dan mengarahkan suatu organisasi niscaya organisasi tersebut dapat mencapai tujuannya sesuai dengan visi dan misinya. Oleh sebab itu, diperlukan figur seorang pemimpin untuk dapat mengelola dan mengatur organisasi untuk mencapai tujuan-tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya kepemimpinan dalam organisasi dengan pendekatan literatur. Jenis penelitian ini ialah penelitian dengan pendekatan studi literatur dimana dilakukan dengan menemukan referensi teori yang sesuai dengan kasus yang diperoleh. Pemimpin merupakan seorang yang positif dan penuh percaya diri yang memiliki visi, misi dan nilai etika yang tinggi, dengan kemampuan menyampaikan gagasan dan mampu dalam rangka mendorong dan berhubungan baik dengan orang lain. Kepemimpinan akan menjadi faktor penentu keberhasilan dalam suatu organisasi. Hal ini dikarenakan kepemimpinan menjadi titik pusat adanya perubahan signifikan dalam organisasi, kepemimpinan menjadi kepribadian yang memiliki dampak dan kepemimpinan merupakan seni dalam menciptakan kesesuaian dan kestabilan organisasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Greenberg, Jerald & BaronRobert, A. 2003.Behavior in Organization : Understanding and Managing The Human side of work, 5th Ed, Prentice Hall International

Kartini Kartono. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Rajawaligrafindo Persada.

Kreitner, Robert and Kinicki, Angelo.2005. Perilaku Organisasi edisi 5. Jakarta. PT. Salemba empat.

Andy PP Undap. 1989. Pengaruh gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Penampilan Kerja Guru SPG di Manado dan Minahasa. Tesis PPS IKIP Bandung: tidak diterbitkan.

Garry Yukl, 1989. Managerial Leadership: A Review of Theory and Research. Journal of Management

Pamudji. 2009. Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.

Robbin, Stephen and Judge, Timothy. 2008. Perilaku Organisasi, edisi 12. Jakarta. PT. Salemba empat.

Zaccaro. 2001. The Nature of Organizational Leadership. Journal of George Mason University.

Luthan, Fred. 1998. Organizational Behavior. 8th Ed, Irwin, Mc Graw-Hill

Mc Shane, Stephen L and Von Glinow, Mary Ann. 2005.Organizational Behaviour: Emerging Realities for the Workplace Revolution, second Ed, Mc Graw Hill, Irwin.

Nanjun deswaraswamy. 2014. Leadership Stlye. Journal Advances in Management Vol. 7 (2) February 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4721

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.