PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU

Marya Heldayantie(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan pada Shcoll. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan statistik dengan jumlah sampel 41 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah populasi sebanyak 5 orang. Pengambilan data menggunakan sensus, sehingga data diambil dari seluruh penduduk. Variabel dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu variabel independen dan variabel dependen. Variabel bebas terdiri dari kepemimpinan dan motivasi, sedangkan variabel terikat adalah kinerja pegawai. Penelitian ini dilakukan dengan menguji validitas dan reliabilitas instrumen, kemudian data dianalisis dan diuji menggunakan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan, motivasi dan kinerja pegawai Lembaga Dewan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Kawasan Banjarbaru sudah dapat cukup tinggi. Kepemimpinan dan motivasi berpengaruh tinggi terhadap peningkatan kinerja karyawan yaitu sebesar 46% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armanu Thoyib. 2004. Strategi Manajemen Konflik Dalam Organisasi Multibudaya, Jurnal Manajemen & Bisnis (JMB), Vol.1, No.1.

Armanu Thoyib. (Eds) 2003. Kumpulan Hasil-hasil Penelitian Tentang Formulasi, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Pembangunan Daerah di Kalimantan Timur, ISBN: 979 – 3506 – 04 – 0. Malang: PPsUB.

Baron, R. A., and J. Greenberg. 1990. Behavior in Organization: Understanding and Managing the Human Side of Work, Third Edition. Toronto: Allyn and Bacon.

Brown, A. 1998. Organizational Culture. Singapore: Prentice Hall.

Cash, W.H. and F.E. Fischer. 1987. Human Resource Planning. Dalam Famularo, J.J., Hand Book of Human Resources Administration (hlm 10.3-10.20). Singapore: Fong and Sons Printers Pte Ltd.

David, F. R. 2003. Strategic Management: Concepts and Cases, Ninth Edition. Singapore: Prentice Hall.

Dubrin, A. J. 2001. Leadership: Research Findings, Practices, and Skills, Third Edition. Boston: Houghton Mifflin Company.

Erwin, Jane and PC. Douglas. 1996. It’s not difficult to change company culture, Proquest, UMI, CD- ROM: Business Journal.

Luthans, Fred. 2002. Organizational Behavior, Ninth Edition. Singapore: Mc Graw - Hill International Editions.

Mulyono, T. P. 1999. Analisis Laporan Keuangan untuk Perbankan, (Edisi Keempat). Jakarta: Jambatan.

Northouse, P.G. 2003. Leadership: Theory and Practice, Third Edition. New Delhi: Response Book.

Robbins, S.P. 2003. Organizational Behavior, Tenth Edition, Singapore: Prentice Hall.

Yaqin, Nurul. 2003. Pengaruh Beberapa Variabel Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Petrokimia Gresik, Tesis: Program Pascasarjana Universitas Brawijaya. Tidak dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4719

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.