KEPEMIMPINAN DAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 2 BARABAI

Abdul Hakim(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kepemimpinan pendidikan merupakan strategi yang menentukan munculnya perubahan instiusi kearah suatu proses perbaikan mutu di semua sector di dalam sekolah yang lebih baik. Oleh sebab itu, kepemimpinan  dan seorang pemimpin adalah seperti mata uang koin yang tak terpisahkan dan saling ber sinergi di dalam mengimplentasikan visi dan misi sekolah,terutama di SMA Negeri 2 Barabai yang harus di wujudkan keberhasilannya dalam rangka untuk memajukan dunia pendidikan nasional. kepala sekolah menjadi factor signifikan yang memungkinkan visi, misi dan tujuan pendidikan menjadi terwujud dalam era disrupsi saat ini. 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Aziz Wahab 2008. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Ansyar, Mohd. 2012. Inovasi dan Implementasi Kurikulum. Disampaikan pada Lokakarya Penyempurnaan Kurikulum Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang, 10 November 2012 di Bukittinggi.

Bennis, Warren, Burt Nanas. Leaders (The Strategies for taking Charge). New york: Harper & Row Publishers

Cummings, Glenn 2010 Deputy Assistant Secretary, U.S. Department of Education. The Leadership Factor: Implementing Sustainability in Higher Education. (This article appears in the July, 2010 issue of The ACUPCC Implementer) http://secondnaturebos.wordpress.com/2010/07/06/the-leadership- factorimplementing-sustainability-in-higher-education/

Djatmiko, Yayat Hayati. 2002. Pengembangan Tenaga Pengajar Sebagai Mata Rantai Manajemen Pengendalian Mutu Terpadu dalam Pendidikan. (Jurnal: Mimbar Pendidikan No 1/XXI/2002. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Fasli Jalal & Dedi Supriadi. 2001. Reformasi Pendidikan (Dalam Konteks Otonomi Daerah). Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Slamet Lestari. Perspektif Kepemimpinan Pendidikan untuk Sekolah Efektif. (Artikel). http://eprints.uny.ac.id/907/2/Educational_Leadership,_Slamet_Lestari_FINAL.pdf

Udin Sa’ud. 2006. Penjaminan Mutu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan tinggi (Hand- out Seminar Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi Agama Agama Islam di Lingkungan Departemen Agama). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4717

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.