KEPEMIMPINAN KIYAI SEBAGAI PEMIMPIN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN

Abdussalam Abdussalam(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Lembaga pendidikan pondok pesantren memerlukan pemimpin yang  disebut kiyai sebagai pemimpin pendidikan memiliki tiga peran yaitu Pertama peran sebagai manajer, Pengelolaan pondok pesantren diarahkan pada pencapaian tujuan pesantren. Pengambilan keputusan dilakukan dalam forum rapat tahunan serta rapat triwulan sebagai bentuk evaluasi formatif terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. kedua, peran sebagai pemimpin, Gaya kepemimpinan yang digunakan adalah partisipative leadership dengan melibatkan seluruh komponen pondok pesantren yang terdiri dari pengurus, dewan asatidz, serta perwakilan santri.dan ketiga peran sebagai pengembang kurikulum, kurikulum yang digunakan di Pondok Pesantren memadukan dua kurikulum yaitu kurikulum yang menjadi ketentuan dari pemerintah dan kurikulum yang disusun sendiri. Menggunakan bahasa arab dan bahasa ingris sebagai bahasa pengantar dalam setiap pelajaran juga bahasa sehari-hari santri. Kitab kuning juga diajarkan dikelas dengan tujuan sebagai pengenalan, pemahaman, latihan, dan motivasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali Maschan Moesa. (2007). Nasionalisme kiyai: konstruksi sosial berbasis agama. Yogyakarta: LKiS.

Efendi, D. (2008). A renewal without breaking tradition: the emergence of a new discourse in Indonesia’s Nahdatul Ulama during Abdurrahman Wahid era. Yogyakarta: DIAN/Interfidei Institute.

Hoy, W.K. and Miskel. C.G. (2005). administration: theory, research, and practice. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Khaparde, M.S., Srivastava, A.K. & Meganathan, R. (2004).

Lunenburg. F.C. and Ornstein. A.C. (2000), Educational administration; concepts and practices, Third Edition. Belmont, CA: Wadsworth Thomson Learning.

Masyhud, M. Sulthon & Khusnurridlo, Moh. (2003). Manajemen pondok pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Miles. M. B. and Huberman. A. M. (1985) Qualitative data analysis. London: SAGE Publication, Inc.

Nasution. (2006). Asas-asas kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Qomar, Mujamil. (2007). Pesantren; dari transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi. Jakarta: Erlangga.

Suharsimi Arikunto. (2009). Buku pegangan kuliah manajemen kurikulum. Yogyakarta: Jurusan Administrasi Pendidikan. UNY Successful school management in India. Journal of Educational Research for Policy and Practice. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2010 dari http://proquest.umi.com/pqdweb .

Terry, G.R (1977). Principles of management (6th ed). London: Richard D. Irwin Inc.

Wina Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Wuradji. (2009). The educational leadership: kepemimpinan transformasional. Yogyakarta: Gama Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4714

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.