KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI ERA DIGITAL

Taufikurrahman Taufikurrahman(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Pemimpin (leader) adalah orang yang memimpin. Sedangkan pimpinan merupakan jabatannya. Dalam pengertian lain, secara etimologi istilah kepemimpinan berasal dari kata dasar “pimpin” yang artinya bimbing atau tuntun. Brodjonegoro (2018) tenaga kerja dalam semua bidang pada era Revolusi Industri 4.0 dituntut memiliki keterampilan digital, baik tenaga teknis maupun tenaga kerja manajerial. Selain tuntutan keterampilan yang sesuai, ternyata keterampilan sosial juga sangat diperlukan dalam bekerja di era Revolusi Industri 4.0. Hasil kajian di beberapa negara maju menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kebutuhan kecakapan non-rutin analitis dan kecakapan non-rutin interaktif. Sedangkan kebutuhan kecakapan rutin kognitif, non-rutin manual, dan rutin manual mengalami penurunan. Kepemimpinan yang ideal adalah kepemimpinan yang mengikuti tuntutan revolusi industri 4.0. pemimpin yang mengikuti perkembangan teknologi pemimpin harus memiliki keterampilan dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan, dan menggerakkan orang lain yang ada hubungannya dengan pelaksanaan dan pengembangan pendidikan dan pengajaran di era digital.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprilana, & Kristiawan. (2016). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di Madrasa Ibtidaiyyah Puteri Padang Panjang. Elementary , Vol. 4 No. 1.

Bafaadal, I. (1992). Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasi Dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Bush, T., & Marianne, C. (2000). Leadersip and Strategic Management in Education. London: Pahaul Chapmant Publishing.

Davis, B. (2009). The Essentials of School Leadership. Singapore: SAGE Publication Asia-Pacific Pte Ltd.

Marianne, T. B. (2000). Leadership and Strategic Managemet in Education. London: Phaul Chapmant Publishing.

Rivai, V. (2011). Memimpin dalam Abad ke-21. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Satya, V. E. (2018). Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Sujanto, & Bedjo. (2009). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah; Metode Pengelolaan Sekolah dan Otonomi Daerah. Jakarta: Sagung Seto.

Sulistyorini. (2008). Hubungan Antara Manajerial Kepala Sekolah dan IklimOrganisasi Dengan Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan .

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahan. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4713

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.