KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM

Muhammad Ilmi Hidayat Saputra(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kepala sekolah mempunyai peran yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas lembaga yang dipimpinnya. Hal ini dikarenakan, di tangan pemimpin yang merupakan „nahkoda‟ dalam lembaga yang dipimpinnya akan terjadi perubahan-perubahan menuju standar mutu yang diharapkan. Peran yang tepat dan fungsi yang sesuai harus dijalankan oleh seorang kepala sekolah untuk mencapai tujuan tersebut. Seorang kepala sekolah dituntut untuk memahami peran apa yang harusdijalankannya, apakah sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, ataumotivator. Dengan mengetahui dan menjalankan dengan benar peran kepemimpinan tersebut,maka kepala sekolah akan mampu memimpin lembaga yang dipimpinnya dengan baik.Selain itu,kepala sekolah harus mempunyai ghirrahperjuangan sebagai agent of changedalam meningkatkan kualitas pendidikan yang dipimpinnya menuju standar mutu yang ditetapkan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan langkah antara lain: perumusan visi, misi, tujuan dan sasaran lembaga, pengambilan keputusan, analisis SWOT, penyusunan program peningkatan mutu, keterbukaan, partisipasi warga sekolah da masyarakat, kemandirian dan akuntabilitas, dan perubahan menuju sadar mutu pendidikan islam.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Dharma, “Dicari Kepala Sekolah yang Kompeten: Standard Kompetensi Kepala Sekolah,” http://artikel.us/adharma.html

Aan Komariah & Cepi Triatna, University Leadership, Menuju Sekolah Efektif, (Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2006),

Akhmad Sudrajat, “Kepemimpinan Pendidikan‟” (http://.wordpress.com/kompetensi-guru-dan-peran-kepala-sekolah-2/ )

Bush, T., & Coleman M., 2000, Leadership and Strategic Management in Education, London: Paul Chapman Publishing Ltd

Cushman, Kathleen, “The Essential School Principal: A Changing Role In A Changing School,” http://www.essentialschool.org/cs/resource/viw/cesres/102

Dharma, Agus, 2003, “Dicari Kepala Sekolah yang Kompeten: Standard Kompetensi Kepala Sekolah,” http://artikel.us/adharma.html

Danim, Sudarwan, 2004, Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan,Bandung: PT.Pustaka.

James W., & Guthrie, 1991, Educational Administration and Policy Affective Leadership For American Education, Second Edition, Needham Heights: Allyn and Bacon. A Division of Simon & Schuster; Inc.

Komariah, Aan & Cepi Triatna, 2006, University Leadership, Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Kemendikbud, 1996, Tugas Pokok Kepala Sekolah: UU tentang Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah, Pasal 12 Ayat 1, Jakarta: Kemendikbud.

Sudrajat, Akhmad, ”Kepemimpinan Pendidikan,”(http://.wordpress.com/kompetensi-guru-dan-peran-kepala-sekolah-2/.

Syaifuddin, Muh., “Sumbangan Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Pembinaan oleh Kepala Sekolah, dan Iklim Organisasi Sekolahpada Kinerja Guru,” Tesis, tidak diterbitkan, 2002

Syafaruddin, 2002, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep, Strategi, dan Aplikasi, Jakarta: PT.Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4709

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.