KEPEMIMPINAN BERBASIS SEKOLAH UNGGULDALAM ORGANISASI PEMBELAJAR

Noorhayatie H. Simyah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Pendidikan dalam akumulasi komplek adalah suatu organisasi, karakter, kepemimpinan, belajar dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan berbasis sekolah unggul dalam organisasi pembelajar pada Paud Terpadu Mawar Banjarbaru Utara Kalimantan Selatan. Sasaran penelitian adalah pendidik dan tenaga kependidikan pada yayasan mawar banjarbaru utara kota banjarbaru. Pengumpulan data diperoleh melalui langkah-langkah observasi, dokumentasai, dan menggunakan instrument sebagai monitoring dan evaluasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perlunya melakukan workshop pembelajaran  bagi guru dalam organisasi pendidikan di Paud Terpadu Mawar serta mengembangkan pola kepemimpinan dalam pembelajaran berbasis sekolah unggul dalam hal pembinaan manajemen administrasi sekolah, pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan dalam metode pembelajaran, pembinaan potensi peserta didik, pemenuhan sarana penunjang pembelajaran dan prasarana  sekolah,  dan sistem penilaian hasil belajar yang terencana.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. (2003). Panduan Teknis Penyusunan Skripsi Sarjana Ekonomi. Jakarta: UI Press.

Gilbert, D. G., Mcclernon, J. F., Rabinovich, N. F., Sugai, C., Plath, L. C.,Asgaard, G., … Botros, N. (2004). Effects of quitting smoking on EEG activation and attention last for more than 31 days and are more severe with stress, dependence, DRD2 Al allele, and depressive traits. Nicotine and Tobacco Research, 6, 249—267

Ginicola, M. M., Filmore, J. M., Smith, C., & Abdullah, J. (2017). Physical and Mental Health Challenges Found in the LGBTQI+ Population. In M. M. Ginicola, C. Smith, & J. M. Filmore (Eds.), Affirmative Counseling with LGBTQI+ People (pp. 75 - 85). Alexandria, VA: American Counseling Association.

Gladding, S. T. (2012). Konseling: Profesi yang Menyeluruh (6th ed.). (P. Winarno, & L. Yuwono, Trans.) Jakarta: PT. Indeks.

Haryadi, R. (2017). Pengembangan Model Evidence-Based Community Counseling untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis pada Subyek Eks-Pecandu NAPZA di Kota Semarang (Tesis, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang). Diakses dari: http//pps.unnes.ac.id//tesis/rudiharyadi/

Herbst-Damm, K. L., & Kuhk, J. A. (2005). Volunteer support marital status, and the survival times of terminally ill patients. Health Psychology, 24, 225-229. doi: 10.1037/0278-6133.24.2.225

Herculano-Houzel, S., Collins, C. E., Wong, R, Kaas, J. H., & Lent R. (2008). The basic nonuniformity of the cerebral cortex.

Proceedings of the National Academy of Sciences, 105, 12593—12598. doi:1 0. 1 073/pnas.Q80541 7105

Irawan, A. (24 September 2010). “Impor Beras dan Manajemen Logistik Baru”.Koran Tempo, A11.

Katz, I., Gabayan, K., & Aghajan, H. (2007). A multi-touch surface using multiple cameras. In J. Blanc-Talon, W. Philips, D.

Popescu, & P. Scheunders (Eds.), Lecture Notes in Computer Science: Vol. 4678. Advanced Concepts for intelligent Vision Systems (pp. 97—108). Berlin, Germany: Springer-Verlag.

Leen, B., Bell, M., & McQuillan, P. (2014). Evidence-Based Practice: a Practice Manual. USA: Health Service Executive.

Nurgiri, M. (2010). Antropologi Indonesia(Skripsi Tidak Terpublikasi). Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Jakarta.

Prayitno, & Amti, E. (2012). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling (Edisi ke-10). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ruini, C., Masoni, L., Otolini, F., & Ferrari, S. (2014). Positive Narrative Group Psychotherapy: The Use of Traditional Fairy Tales to Enhance Psychological Well-Being and Growth. Psychology of Well-Being, 4 (13), 1-9.

Soeseno, S. (1980). Teknik Penulisan Ilmiah-Populer. Jakarta: PT Gramedia.

Soeseno, S. (1993). Teknik Penulisan Ilmiah-Populer: Kiat Menulis Nonfiksi untuk Majalah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sunarto, K. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Susanta, R. (Juni 2010). “Ambush Marketing”. Marketing, 140 (2), 15-17.

Susanta, R. (Juni 2010). “Ambush Marketing”. Marketing, 140 (2), 15-17. Diakses dari: http//majalahmarketing.com//

Tubagus, A, & Wijonarko. (2009). Langkah-Langkah Memasak. Jakarta: PT Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4704

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.