KARAKTER PEMIMPIN TERHADAP KINERJA GURU

Ahmad Safari Zamzam(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Manusia adalah makhluk sosial yang menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri dan menjadi pemimpin bagi orang lain. Menjadi pemimpin berarti menjadi seseorang yang memiliki tanggung jawab lebih dalam hidup terutama di dalam sebuah organisasi yang dipimpinnya. Kepemimpinan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Untuk meningkatkan komitmen organisasi, maka perlu ditingkatkan efektifitas perilaku kepemimpinan. Gaya Kepemimpinan yang Efektif Karyawan memegang peran penting dalam menjalankan segala aktivitas organisasi dan kinerja guru agar dapat berkembang mempertahankan kelangsungan hidup sebuah organisasi atau sekolah. Untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal membutuhkan pengelolaan yang baik supaya kinerja guru bisa lebih optimal. Peranan seorang pemimpin sangat menentukan kegagalan atau keberhasilan suatu keberhasilan sekolah. Pemimpin memegang kunci untuk mengendalikan sebuah organisasi atau sekolah. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu mengelola, mengarahkan, mempengaruhi, memerintah dan memotivasi bawahannya untuk memperoleh tujuan yang diinginkan perusahaan. Selain itu, pemimpin harus memiliki gaya kepemimpinan yang baik dan efektif yang nantinya akan berpengaruh terhadap semangat kerja guru sebagai bawahannya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mulyasa, E. (2005) Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Baharudin dan Umiarso, Kepemimpinan Pendididkan Islam; Antara Teori dan Praktek, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2012, h.

5Nurkholis, Manajemen Berbasis Sekolah; Teori, Model, dan Aplikasi, Jakarta: Grasindo, 2003. Gary, A. Yulk, Kepemimpinan Dalam Organisasi, Diterjemah Oleh Jusuf Udaya, Jakarta: Prenhallindo, 1997.

Danim, Sudarwan. (2012). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ismail, Danis. 2011.Tesis Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Dengan Kinerja Guru SMA Muhammadiyah di Kota Bengkulu. Bengkulu: Program Studi Paska Sarjana. MAMP PSS UNIB.

Kunandar. (2009). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Setifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Mijo, 2006. Hubungan Iklim Kerja dan Disiplin Kerja Guru dengan Kinerja Guru SD Negeri Dalam Wilayah Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma.

Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Mukhtar dan Iskandar. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Mulyasa, E. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005, tentang Guru dan Dosen. Gaung Persada.

Usman, Nasir. (2012). Manajemen Mutu Kinerja Guru: Konsep, Teori dan Model. Bandung: Citapustaka Media Perintis.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4701

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.