HUBUNGAN PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, ETOS KERJA GURU DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH

Muhammad Isa(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah, etos kerja guru dan budaya organisasi terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan jumlah populasi dan sampel 90 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner. Data dianalisis dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara prilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah dengan koefisien korelasi sebesar 0,325 dan sumbangan efektif (SE) sebesar 7,15%, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara etos kerja guru terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah dengan koefisien korelasi sebesar 0,419 dan sumbangan efektif (SE) sebesar 14,51%, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara budaya organisasi terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah dengan koefisien korelasi sebesar 0,346 dan sumbangan efektif (SE) sebesar 8,64%, 4) terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah, etos kerja, dan budaya organisasi secara bersama- sama terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah dengan korelasi ganda sebesar 0,550 dan kontribusi sebesar 30,3%.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Candiasa, I Made. 2011. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press.

Dinawati (2013). Kontribusi Prilaku Kepemimpinan Kepela Sekolah, Motivasi Berprestasi, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Smp Widya Suara Sukawati. Jurnal Pascasarjana. Volume 4 Nomor 1.

E. Mulyasa. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhirudin. 2013. Determinasi Adversity Quotient, Etos Kerja, dan Kualifikasi Akademik terhadap Kinerja Konselor SMP Negeri di Lombok Timur. Jurnal Pascasarjana. Volume 3 Nomor1.

Suantana. 2010. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sikap Profesionalisme Guru dan Insentif Guru terhadap Kinierja Guru (Persepsi Para Guru SMP Negeri 3 Kuta Selatan). Singaraja: Undiksha.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4699

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.