GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Rahmadani Rahmadani(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Gaya atau cara seorang kepala sekolah dalam kapasitasnya sebagai pemimpin sangat menentukan keberhasilan peningkatan kinerja guru di bawah pimpinannya. Kepala sekolah selaku pemimpin secara langsung merupakan contoh nyata dalam aktivitas kerja bawahannya. Kepala sekolah yang rajin, cermat,  peduli terhadap bawahan, akan berbeda dengan kepemimpinan yang acuh tak acuh, kurang komunikatif apalagi arogan dengan komunitas sekolahnya. Kepala sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam  menggerakkan, dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia di sekolah dan mempergunakan sesuai kebutuhan. Dalam hal ini kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Kepala sekolah dituntut mempunyai kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang memadai agar mampu mengambil inisiatif dan prakarsa untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Tujuan penulisan ini adalah untuk mendapatkan data tentang (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja, (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru, (3) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan tanggung jawab dan  (4) kendala - kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Tugas kepala sekolah selaku pemimpin adalah melakukan penilaian terhadap kinerja guru. Penilaian ini penting untuk dilakukan mengingat fungsinya sebagai alat evaluasi kepemimpinan bagi Kepala Sekolah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Danim, Sudarwan. (2012). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ismail, Danis. (2011). Tesis Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Dengan Kinerja Guru SMA Muhammadiyah di Kota Bengkulu. Bengkulu: Program Studi Paska Sarjana. MAMP PSS UNIB.

Kunandar. (2009). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Setifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Mijo, (2006). Hubungan Iklim Kerja dan Disiplin Kerja Guru dengan Kinerja Guru SD Negeri Dalam Wilayah Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Mukhtar dan Iskandar. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Mulyasa, E. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005, tentang Guru dan Dosen. Gaung Persada.

Usman, Nasir. (2012). Manajemen Mutu Kinerja Guru: Konsep, Teori dan Model. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahyudi. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4697

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.