ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMPN 3 PELAIHARI

Nur Hidayanti(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Permasalahan gaya kepemimpinan kepala sekolah untuk dapat meningkatkan kinerja guru agar memajukan kualitas pendidikan merupakan permasalahan yang harus diatasi. Pemecahan masalah tersebut akan diikuti dengan dampak positif oleh masyarakat disekitar, termasuk di SMPN 3 Pelaihari, dimana kepala sekolah juga mempergunakan sebuah gaya kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru yang sesuai dengan kondisi di lingkungan tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh penulis dengan melakukan observasi di lapangan dan melakukan wawancara mendalam dengan narasumber yang berhubungan dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 3 Pelaihari. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pertama, Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SMPN 3 Pelaihari menggunakan gaya kepemimpinan partisipasi. Kedua, kinerja yang ditunjukkan oleh guru masih rendah. Ketiga, Gaya kepemimpinan yang relevan digunakan oleh kepala sekolah SMPN 3 Pelaihari dalam meningkatkan kinerja guru adalah gaya kepemimpinan partisipasi ditambah dengan pengawasan yang lebih baik oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru. Implikasi dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa di lingkungan Sekolah SMPN 3 Pelaihari apabila gaya yang digunakan oleh kepala sekolah meningkat maka dapat dipastikan kinerja guru juga meningkat sehingga berdampak pada kualitas pendidikan yang dihasilkan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasbullah. (2005). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan: Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy.J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2003), hlm.42

Priansa, Donni Juni. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung : CV. Alfabeta.

Robbins, Stephen P. dan Judge. (2008). Perilaku Organisasi (Organizational Behavior):

Edisi 12. Jakarta : Salemba Empat.

Sastrohadiwiryo, B. Siswanto. (2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional, Cetakan 3. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung : CV. Alfabeta.

Sunyoto, Danang. Dan Burhanudin. (2011). Perilaku Prganisasional. Yogyakarta :

CAPS.

Thoha, Miftah. (2013). Kepemimpinan Dalam Manajemen, Edisi 1, Cetakan 17. Jakarta :

PT. RajaGrafindo Persada.

Wahjosumidjo, (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Edisi 1, Cetakan 7. Jakarta : PT.

RajaGrafindo Persada.

Wirjana, Bernardine R. dan Supardo. (2006). Kepemimpinan (Dasar-Dasar dan Pengembangannya), Edisi 11. Yogyakarta : CV. Andi OFFSET.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4696

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.