Energi Biomassa Berbasis Limbah Tongkol Jagung di Pangkalpinang dengan Serbuk Kayu

Fadillah Ramadhani(1), Lathifa Putri Afisna(2*), Heni Pornawati(3)

(1) Universitas Bangka Belitung
(2) Institut Teknologi Sumatera
(3) Universitas Bangka Belitung
(*) Corresponding Author

Sari


Menipisnya cadangan sumber minyak bumi di Indonesia dapat menjadi penghambat pembangunan pertanian berkelanjutan. Potensi energi alternatif salah satunya adalah limbah biomassa tongkol jagung yang dihasilkan dari aktivitas produksi pertanian yang jumlahnya sangat besar. Tongkol jagung memiliki nilai kalor sebesar 4059.853 kal/gr sehingga semakin banyaknya tongkol jagung yang digunakan akan mempercepat proses pembakaran. Akan tetapi proses pembakaran yang dilakukan harus dibantu oleh serbuk kayu kering sebagai pemantik bagi api. Kayu kering yang memiliki nilai kalor lebih besar dari tongkol jagung akan terbakar lebih cepat dan membantu membakar tongkol jagung. Hasil dari nyala lampu terdapat pada massa tongkol jagung 400gr dengan variasi volume air 250ml menyala redup selama 1 menit. Pada massa 500gr lampu menyala redup selama 1 menit pada variasi volume air 150ml dan 200ml. Sedangkan lampu menyala terang selama 20 detik pada variasi 250ml air. Hal ini juga membuktikan bahwa banyaknya volume air yang digunakan dapat mempengaruhi nyala lampu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, S. E. 2004. Biomass Potential as Renewable Energy Resources in Agriculture. Proceedings of International Seminar on Advanced Agricultural Engineering and Farm Work Operation. Bogor, 25-26 August 2004.

Hendrison M., Rahayu Dwi Hartati, Endang Lestari. 2003. Untung Rugi Indonesia Meratifikasi Protokol Kyoto Ditinjau Dari Sektor Energi. Majalah P3TEK.

Saputro, D, D. 2009. Karakterstik Pembakaran Briket Arang Tongkol Jagung. Jurnal Kompetensi Teknik, Vol. 1, No. 1, November.

Ridhuan, K., Irawan, D., Zanaria, Y. & Firmansyah, F., 2019. PENGARUH JENIS BIOMASSA PADA PEMBAKARAN PRIOLISIS TERHADAP KARAKTERISTIK DAN EFISIENSIBIORANG-ASAP CAIR YANG DIHASILKAN. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, pp. 18-27.

Yudanto, A. & Kusumaningrum, K., 2009. PEMBUATAN BRIKET BIOARANG DARI ARANG SERBUK GERGAJI KAYU JATI.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v7i2.7175

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.