POTENSI CAMPURAN LUMPUR BATUBARA KALORI RENDAH DAN BIODISEL SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF UNTUK EKSTERNAL COMBUSTION ENGINE

Gusti Rusydi Furqon Syahrillah(1*)

(1) Fakultas Teknik Universitas Islam Kaimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini adalah untuk menggali potensi batu bara kalori rendah yang hampir di pastikan tidak dapat di pergunakan lagi, karena harga murah dan kurang minati. Sementara itu biodiesel merupakan minyak nabati yang dapat di produksi secara renewable Jenis batu bara yang dapat dipergunakan adalah batu bara yang berkalori rendah (low rank coal), yang selama di biarkan karena kurang laku di pasaran. Melalui proses pengadukan, membentuk slurry antara minyak nabati batu bara ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai  pengganti bahan bakar cair untuk keperluan eksternal combustion engine dan bahan bakar minyak biasa. Komposisi ideal terdapat pada Untuk delay periode  yang terbaik  terjadi pada pada komposisi 60 %  batu bara dan 40 % bahan bakar biodiesel pada volume total campuran 100 gram.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Development of Coal Liquefaction Technology- Bridge for Commercialization”, Nippon Coal Oil Co., Ltd. 2001

Haruhiko Yoshida: “Coal Liquefaction Pilot Plant”, New energy and Industrial Technology Development Organization. Japan 2003.

Lailatul Badriyah, Sri Kadarwati dan Harjito, Pengaruh Temperatur Pada Reaksi Hidrodenitrogenasi Piridin dengan Katalis Ni – Mo / Zeolit Alam Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang 2012.

Muhamad Jauhary, Economic Review Juni No. 208, Jakarta Juni 2007.

Sodikin Mandala Putra, Prosiding Seminar Nasional AvoER ke-3 Palembang, 26-27 Oktober 2011 (ISBN : 979-587-395-4 Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya.)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v1i2.554

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.