ANALISIS TURBIN ANGIN SUMBU VERTIKAL DENGAN 4, 6 DAN 8 SUDU

Muhammad Suprapto(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Di era globalisasi sekarang ini perkembangan tekologi semakin pesat baik itu industri besar maupun di industri kecil yang mana manfaatnya sangat terasa bagi kehidupan masyarakat, perkembangan teknologi ini berakibat pada peningkatan kebutuhan listrik yang semakin meningkat. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode eksperimen, dengan memvariasikan jumlah sudu 4, 6 dan 8 sudu dan kecepatan angin 3.3, 5, 7, dan  pada turbin angin tipe vertikal. Dari hasil eksperimen dan analisis didapat data unjuk kerja turbin angin vertikal dengan daya terendah yaitu 7,63 watt dan putaran rotor 75.1 rpm pada kecepatan angin 3,3 m/s, pada kecepatan angin 3 m/s.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adityo Putranto, Andika Prasetio dan Arif Zatmiko U, Universitas Diponegoro Semarang, dengan judul penelitian “Rancang Bangun Turbin Angin Vertikal Untuk Penerangan Rumah tangga”.

Muhammad Alfian, Dengan Judul Penelitian “Uji Expremental Pengaruh Jumlah Sudu dan Variasi Kecepatan Angin Terhadap daya dan Putaran Turbin Angin Sovonius Dengan Luas Sapuan Rotot 0,90 m2”.

Arif Eko Prasetio, Universitas Muhammaddiah Surakarta, Dengan judul Perancangan “ Rancang Bangun Turbin Angin Tipe Savonius Diameter 1,2 Meter”

Robertus Tri Hermawan, Dengan Judul Penelitian “Analisa Bentuk sudu Pada Rancang Bangun Vertikal Exis Wind Terbine Dengan Experimen dan Pendekatan CFD”.

Perwanto Eko Nugroho, Dengan Judul Perancangan “Rancang Bangun Turbin Angin Sumbu Vertikal Mikro Wind Energi Sekala Rumah Tangga”.

http://id.wikipedia.org/wiki/Angin

http://energialternatif.wordpress.com




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v1i2.553

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.