PENGARUH VARIASI TEMPERATUR INTERPASS TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN FRAKTOGRAFI HAZ HASIL PENGELASAN GMAW METODE TEMPER BEAD WELDING PADA BAJA KARBON SEDANG

Ahmadil Amin(1*)

(1) Jurusan Teknik Mesin Politeknik Kotabaru
(*) Corresponding Author

Sari


Kekuatan dan ketangguhan sambungan las berkaitan erat dengan struktur mikro yang terbentuk setelah proses pengelasan, yaitu ketika proses pendinginan berlangsung. Temperatur interpass sering kali tidak diperhatikan dalam proses pengelasan di lapangan. Temperatur Interpass pada Temper Bead Welding dapat mempengaruhi laju pendinginan dan struktur mikro yang terbentuk pada daerah las. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi temperatur interpass terhadap struktur mikro dan fraktografi HAZ hasil pengelasan GMAW  metode Temper Bead Welding pada  baja karbon sedang, dengan variasi temperatur interpass 75OC, 100 OC, 125OC, dan 150OC. Elektroda yang digunakan  E70S-6 diameter 0,8 mm. Sebagai gas pelindung selama pengelasan digunakan 100% gas CO2. Analisis data dilakukan melalui analisis struktur mikro (metalografi) dan analisis  fraktografi. Peningkatan temperatur interpass sampai dengan 150 OC memperlihatkan terjadinya peningkatan struktur bainit. Peningkatan temperatur interpass juga memberikan bentuk cleavage yang semakin lebar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anang Setiawan dan Yusa Asra Yuli Wardana. 2006. Analisa Ketangguhan dan Struktur Mikro pada Daerah Las dan HAZ Hasil Pengelasan Sumerged Arc Welding pada Baja SM 490. Jurnal Teknik Mesin Vol.8, No.2(10).

Arianto Leman S. dan Suharno. 2004. Pengaruh kecepatan pengelasan pada SAW baja SM 490 terhadap ketangguhan beban impak. Jurnal Teknik Mesin Vol.6, No.2(10).

Kou S. 1999. Welding Metallurgy. John Wiley & Son. New York.

Sri Widharto, 2007, Menuju juru las tingkat dunia, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

Suharno. 2008. Prinsip-Prinsip Teknologi dan Metalurgi Pengelasan Logam. UNS Press. Surakarta.

Suharno. 2008. Struktur Mikro Las Baja C-Mn Hasil Pengelasan Busur Terendam dengan Variasi Masukan Panas. Jurnal Teknik Mesin Vol.10. No.1 (4).

Subarmono dan Jasmari. 1999. Pengaruh pemanasan lokal terhadap ketangguhan dan laju perambatan retak plat baja “grade B”. Jurnal Media Teknik No.1 Tahun XXI Edisi Pebruari No. ISSN 0216-3012.

Walter J. Sperko. 2005. Exploring Temper Bead Welding, Welding Journal, pp37 to 40

Wiryosumarto, H. dan Okumura, T., 1994, Teknologi Pengelasan Logam, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v1i2.546

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.