DESAIN DIFFUSER TURBIN AIR ARUS SUNGAI UNTUK MENINGKATKAN LAJU ARUS SUNGAI

Rendi ,(1*), Jainal Arifin(2)

(1) Teknik Mesin
(2) Teknik Mesin
(*) Corresponding Author

Sari


Arus air sungai cendrung memiliki kecepatan yang relatif rendah sehinggan tidak banyak turbin arus sungai yang bisa digunakan untuk membangkitkan tenaganya. Ada beberapa turbin yang sudah dilembangkan seperti turbin air rus sungai jenis Savonius, Darius dan Gorlof tetapi kinerja nya masih buruk. Kinerja turbin arus air dapat di tingkatkan dengan menambah kecepatan dan tekanan aliran air. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menambah kecepatan dan tekanan aliran air adalah dengan memasang diffuser pada turbin. Pada penelitian ini akan didesain sebuah difusser yang efektif untuk meningkatkan kinerja turbin arus sungai.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rendi, “Analisa Distribusi Tekanan Dan Aliran Disekitar Rotor Savonius Water Turbine,” Vol. 02, No. 02, 2017.

Rendi, “Pengaruh Penambahan Nozzle Guide Vane Pada,” Vol. 03, No. 02, Pp. 74–79, 2018.

I. Mulkan, R. Hantoro, And G. Nugroho, “Analisa Performansi Turbin Arus Sungai Vertikal Aksis Terhadap Penambahan Variasi Panjang,” J. Tek. Pomits, Vol. 1, No. 1, Pp. 1–5, 2012.

A. C. Purnama, R. Hantoro, And G. Nugroho, “Rancang Bangun Turbin Air Sungai Poros Vertikal Tipe Savonius Dengan Menggunakan Pemandu Arah Aliran,” J. Tek. Its, Vol. 2, No. 2, Pp. B278–B282, 2013.

Rendi Dan Abdurrahim Sidiq, “Pengaruh Twist Angle Blade Turbin Savonius Berpengarah Aliran Aplikasi Pada Turbin Air,” Vol. 19, No. 2, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v4i2.2645

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.