PERANCANGAN PROTOTIPE GENERATOR AXIAL MAGNET PERMANEN 3 PHASE

Muhammad Suprapto(1*), Saifullah Arief(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Dengan menningkatnya kebutuhan akan energi fosil, maka semakin besar pula pencemaran lingkungan yang dihasilkan dari gas buangnya. Salah satu solusi dengan pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT), Turbin angin savonius merupakan turbin angin dengan sumbu vertika yang memiliki banyak kelebihan diantaranya bentuk konstruksi yang mudah dibuat, tidak memerlikan kecepatan angin yang tinggi untuk mulai berputarnya. Turbin savonius memiliki kelemahan pada nilai efisiensi yang cukup rendah. Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan turbin angin savonius dan pengujian secara eksperimen terhadap sudu bertingkat dan variasi overlap dengan parameter kecepatan putaran poros. Permodelan dan pengujian akan dilakukan di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari, Banjarmasin. Kecepatan angin memiliki pengaruh yang bersar terhadap kinerja turbin angin savonius, semakin besar kecepatan angin maka putaran turbin juga semakain cepat.  pada kecepatan angin 4 m/s turbin savonius 1 tingkat memperoleh putaran shaft speed sebesar 252.7 Rpm. Sedangkan turbin angin savonius bertingkat 2 memperoleh putaran shaft speed sebesar 282.2 Rpm.

 

Kata kunci : Turbin Angin, Savonius, Sudu, Overlap.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mohammed Hadi Ali. (2013). Experimental Comparison Study for SavoniusWind Turbine of two and Tree Blades At low Wind Speed. International Journalofmodern Engineering Research (IJMER), Vol.3–Issue 5. 2978-2986. LecturerUniversity of Mustansiriya.

Sigurd J. Savonius, The wing-rotor in theory and practice, Publ. SAVONIUS & CO., Helsingfors, Finland, 1-39, 1925

M. Suprapto. Iskendar (2016) analisis Pengaruh jumlah sudu terhadap unjuk kerja pada turbin angin vertikal tipe savonius dengan metode taguchi.

Sigemes, F., (2015) savonius wind rotor basics. University Centre in Svalbard (UNIS),Norway.

Haqqqi. M. H, Gunawan. N dan Musyafa. A. 2013 Rancang Bangun TurbinAngin Vertikal Jenis Savonius dengan Variasi Jumlah Blade TerintegrasiCircular Shield untuk Memperoleh Daya Maksimum. Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember(ITS).

http://www.savonius.net/savonius-principle.html.

https://en.wikipedia.org/wiki/Savonius_wind_turbine.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v4i1.1980

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.