ANALISIS PERANCANGAN POMPA GUNA PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR BERSIH PDAM KOTA AMUNTAI

Wahyudi ,(1*), Sobar Ihsan(2), Abdurahim Sidiq(3)

(1) Fakultas Teknik
(2) Fakultas teknik
(3) Fakultas Teknik
(*) Corresponding Author

Sari


Air merupakan unsur terpenting bagi kelangsungan hidup di muka bumi. Sebab tanpa air kehidupan di muka bumi ini tidak akan ada. Semua mahluk hidup selalu memerlukan air untuk bisa tumbuh dan berkembang secara wajar. Seiring meningkatnya penduduk kota Amuntai yang mengakibatkan kebutuhan air bersih meningkat pula, sementara sarana air bersih dari PDAM masih terbatas. Berdasarkan alasan-alasan di atas, maka diperlukan suatu analisis perancangan pompa guna pemenuhan pemakaian air bersih yang dapat digunakan untuk menilai kelayakan suatu sistem distribusi untuk penyaluran air bersih. Pompa air yang sesuai untuk masalah ini ialah dengan menggunakan pompa sentrifugal. Pompa sentrifugal ialah jenis pompa dimana headnya dibentuk oleh gaya sentrifugal maupun lift yang ditimbulkan oleh sudu-sudu yang berputar. Dalam penelitian ini, difokuskan pada penelitian tentang pompa sentrifugal yang sesuai kapasitas air yang dibutuhkan untuk sebuah pompa dimana berdasarkan hasil perhitungan untuk setiap kapasitas air yg dipompa yaitu sebesar 422 m3/jam dan bentuk impeller yaitu : diameter dalam (d1 = 0,214 m), diameter luar (d2 = 0,362 m), (β1 = 17o), (α1 = 62o), (β2 = 25o), (α2 = 20o), (ρ = 172,7 mm), (z = 11) dengan spesifikasi pompa yang digunakan sebagai masukan yaitu kecepatan  motor  penggerak = 1500 (rpm),  tebal  sudu  impeller = 5 (mm)  dan tegangan torsi aman bahan shaft (S45C ) = 58 (Kg/mm3). Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa kebutuhan air bersih yang semakin meningkat maka akan dibutuhkan pompa dengan spesifikasi yang lebih tepat pula dan dimensi impeller akan berubah sesuai dengan spesifikasi pompa yang dirancang sehingga kerja pompa lebih optimal untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada tahun 2022.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Data Teknis PDAM Kota Amuntai

Dietzel | F. 1998. Turbin, Pompa dan Kompresor. Erlangga, Jakarta.

Haruno Tahara, Sularso. 2000. Pompa dan Kompresor. Pradnya Paramita, Jakarta.

Husaini Usman, M.Pd. dan R.Purnomo Setiady Akbar, S.Pd., M.Pd. 2003, Pengantar Statistik, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Maindoka, Hendra Panjaitan. 2011. Analisis Pemakaian Air Bersih (PDAM) Untuk Kota Pangkep 10 Tahun Ke Depan, Universitas Hasanuddin Makasar

Nieman, G. 1999. Elemen Mesin Jilid 1 Desain Kalkulasi Dari Sambungan, Bantalan dan Poros. Jakarta: Erlangga.

Stoecker, W. F dkk. 1996, Refrigerensi dan Pengkondisian Udara. Erlangga, Jakarta.

Suhono, Andreas, dkk. 2007. Buku Panduan Pengembangan Air Minum RPIJM. Departemen Pekerjaan Umum.

Yuliana Rivai, Ali Masduki, Bowo Djoko Marsono. 2006. Evaluasi Sistem Distribusi dan Rencana Peningkatan Pelayanan Air Bersih Pdam Kota Gorontalo, Jurnal SMARTek.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v3i1.1399

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.