Analisis Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lulusan Terbaik Menggunakan Lima Algoritma Pada Program Studi Sistem Informasi UIN Sumatera Utara Medan

Suendri Suendri(1*), Aninda Mulyani Harahap(2), Adnan Buyung Nasution(3), Silvia Kartika(4)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
(4) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
(*) Corresponding Author

Sari


Program Studi Sistem Informasi adalah bagian dari Universitas Islam negeri Sumatera Utara yang salah satu perannya untuk mencetak lulusan sarjana komputer yang berkualitas. Pada setiap periode kelulusan mahasiswa, pihak program studi akan menentukan dan memilih mahasiswa lulusan terbaik diantara lulusan lainnya dan yang menjadi kriteria penentuan hanya dilihat dari nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) saja dan tidak melihat aspek kriteria lainnya, serta perhitungan dilakukan belum secara komputasi. Unguk itu, penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam proses penentuan lulusan terbaik dengan memanfaatkan sistem pendukung keputusan dengan tertentu. Pada penelitian ini menggunakan perbandingan 5 metode sistem pendukung keputusan yaitu metode SAW, AHP, WP, SMART, dan MAUT dengan 4 (empat) kriteria penilain yaitu Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), masa studi, aspek spiritual, dan nilai tugas akhir. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pendukung keputusan berbasis web dan hasil yang ditampilkan berupa pperankingan nama lulusan terbaik.


Kata Kunci


Sistem Pendukung Keputusan, SAW, AHP, WP, SMART, MAUT, Lulusan Terbaik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Defit, D. N. S. (2017) Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish.

Faisal, M. (2017) ‘Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Siswa Berprestasi di SMK PGRI 3 Malang Menggunakan Metode Weighted Product (WP)’, Journal of Information and technology, 05(01), pp. 119–124.

Fajarwati, I., Fitriasari, N. S. and Siregar, H. (2018) ‘Perbandingan Metode Weighted Product (WP), Weighted Sum Model (WSM) Dan Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Tenaga Kerja’, JATIKOM: Jurnal Aplikasi dan Teori Ilmu Komputer, 1(1), pp. 25–32.

Hermawan, I. (2019) Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method ). Hidayatul Quran.

Kusrini (2021) Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit Andi.

Suryanto, S. and Safrizal, M. (2015) ‘Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Teladan denganMetode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique)’, Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 1(1), pp. 25–29.

Wanto, A. et al. (2020) Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis.

Wiranda, A. and S, S. (2019) ‘Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Benih Kelapa Sawit Dengan Metode Weighted Product (WP)’, Prosiding SiManTap : Seminar Nasional Matematika dan Terapan , 1(SE-Articles), pp. 227–234.

Yoni, D. C. and Mustafidah, H. (2016) ‘Penerapan Metode WP (Weighted Product) Untuk Pemilihan Mahasiswa Lulusan Terbaik di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto’, JUITA: Jurnal Informatika, 4(1), pp. 22–27.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ajst.v7i1.5839

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN ELEKTRONIK : 2477- 4731

Jurnal Al Ulum Sains dan teknologi by Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad albanjari is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JST.