STUDI EKPLORATIF: PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA MATEMATIKA 1 PADA MATERI DIFERENSIAL PARSIAL BERBASIS FLIP PDF PROFESIONAL
(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul menggunakan flip PDF profesional materi diferensial parsial mata kuliah fsiika matematika 1. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode Research & Development dari model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 5 tahapan yaitu: 1) Tahapan penelitian dan pengumpulan informasi, 2) Tahapan Perencanaan, 3) Tahapan pengembangan bentuk produk awal, 4) Tahapan pengujian lapangan awal, 5) Tahapan penyempurnaan. Sampel yang digunakan sebanyak 25 mahasiswa yang dipilih secara acak dari 87 mahasiswa pendidikan fisika FKIP Universitas Jambi dan empat orang validator (2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media). Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah kuesioner berupa (1) angket validasi ahli materi dan ahli media, (2) angket persepsi mahasiswa. Data akan dianalisis secara statistik deskriptif dengan bantuan program IBM SPSS 23.0. Hasil dari penelitian pengembangan e-modul ini yaitu telah dinyatakan valid dengan perolehan skor ahli materi sebesar 42 (sangat layak) dan 38 (layak) sedangkan perolehan skor validasi ahli media sebesar 39 (layak) dan 43 (sangat layak). Adapun persepsi mahasiswa terhadap e-modul yang dikembangkan mendapatkan persepsi yang sangat baik yaitu sebesar 56,7%. Hal ini menunjukkan bahwa produk e-modul berbasis flip PDF profesional yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah sangat layak dan sangat baik untuk digunakan pada pembelajaran mata kuliah fisika matematika 1 materi diferensial parsial.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anandari, Q. S., Kurniawati, E. F., Marlina, Piyana, S. O., Melinda, L. G., Meidiawati, R., & Fajar, M. R. (2019). Development of Electronic Module: Student Learning Motivation Using the Application of Ethnoconstructivism-Based Flipbook Kvisoft. Jurnal Pedagogik, 06(02), 416–436.
Asmiyunda, A., Guspatni, & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 155–161. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202
Czajka, C. D., & McConnell, D. (2019). The adoption of student-centered teaching materials as a professional development experience for college faculty. International Journal of Science Education, 41(5), 693–711. https://doi.org/10.1080/09500693.2019.1578908
Danuri, M. (2019). Development and Transformation of Digital Technology. Infokam, 15(2), 116–123.
Ellianawati, & Wahyuni, S. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Matematika Berbasis Self Regulated Learning Sebagai upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 33–40. https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i1.1992
Erniwati, & Busnawir. (2014). Aplikasi Lesson Study dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Matematika. Jurnal Matematika, Statistika, & Komputasi, 11(1), 1–7.
Farida, Pratiwi, D. D., Andriani, S., Pramesti, S. I. D., Rini, J., Wkuswanto, C., & Sutrisno, E. (2020). Development of Interactive Mathematics E-Module Using Visual Studio. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 1–11. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012017
Gunada, I. W., Rokhmat, J., Hikmawati, H., & Kesipudin, K. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Fisika Matematika II Pokok Bahasan Persamaaan Diferensial untuk Meningkatkan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 216–227. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.414
Hadianto, A., & Festiyed. (2020). Meta analysis the use of E-Modules Based on Research Based Learning Models. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012067
Hidayatulloh, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke dalam Penyelesaian Soal – Soal Fisika. Kappa Journal, 4(1), 69–75. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i1.1636
Ikawati, H. D., & Anwar, Z. (2020). Model-Model Pengembangan. Journal Scientic of Mandalika (JSM), 1(4), 415–427.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Ismail, I., & AlBahri, F. P. (2019). Perancangan E-Kuisioner menggunakan CodeIgniter dan React-Js sebagai Tools Pendukung Penelitian. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 3(2), 337–347. Retrieved from https://doi.org/10.30645/j-sakti.v3i2.152
Kurniasih, M. D. (2017). Penerapan Metode Inkuiri untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Euclid, 4(2), 751–760. https://doi.org/10.33603/e.v4i2.417
Liao, J. M., & Kachalia, A. (2015). Providing Educational Content and Context for Training the Next Generation of Physicians in Quality Improvement. Academic Medicine, 90(9), 1241–1245.
Matsun, Ramadhani, D., & Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android di Program Studi Pendidikan. Jurnal PMIPA, 9(1), 99–107. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/23703
McClelland, M., Cameron, C. E., Duncan, R., Bowles, R. P., Acock, A. C., Miao, A., & Pratt, M. E. (2014). Predictors of early growth in academic achievement: The head-toesknees-shoulders task. Front. Psychol., 5, 1–14.
Muchlis, M., Christian, A., & Sari, M. P. (2019). Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik Pada STMIK Prabumulih. Eksplora Informatika, 8(2), 149–157.
Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284–291. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612
Munthe, E. A., Silaban, S., & Muchtar, Z. (2019). Discovery learning based e-module on protein material development. Proceedings of the 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019). Retrieved from https://doi.org/10.2991/aisteel- 19.2019.137%0ANadiyah,
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis dengan GeoGebra. Jurnal Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900
Nurhidayah, Sairi, A. P., Hamdi, H., & Alfitri, S. R. A. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Metematika II Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya (JIFP), 2(1), 21–27.
Putri, R. A., Uchtiawati, S., Fauziyah, N., & Huda, S. (2020). Development of Interactive Learning Media Flip-Book Using Kvisoft Flipbook Maker Based on Local Culture Arts. Innovation Research Journal, 1(1), 55–64. https://doi.org/10.30587/innovation.v1i1.1442
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academik & Research Institute.
Saputri, D. F., Fadilah, S., & Wahyudi. (2016). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Inkuiri dalam Perkuliahan Fisika Matematika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 7–14. https://doi.org/10.21009/1.02202
Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105
Sari, W., Jufrida, & Pathoni, H. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D Pageflip Professional pada Materi Konsep Dasar Fisika Inti dan Struktur Inti Mata Kuliah Fisika Atom dan Inti Wulan. EduFisika, 2(1), 1–10. Retrieved from http://fsct-old.modares.ac.ir/article_10614_30aea192f59914fbe55c62ccc37ee440.pdf
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672
Shoffa, S., & Suprapti, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 178–188. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/article/view/736
Simamora, A. H., Sudarma, I. K., & Prabawa, D. G. A. P. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek untuk Mata Kuliah Fotografi di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha. Journal of Education Technology, 2(1), 51–60.
Solihudin, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51–61. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731
Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Jurnal Theorems ( The Original Research of Mathematic ), 2(1), 86–93.
Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165–177. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030
Utomo, A. B. S. (2018). Pengantar Metode Komputasi untuk Sains dan Teknik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ajst.v7i1.5462
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL ULUM JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI
E-ISSN 2477- 4731
Al Ulum: Jurnal Sains dan teknologi = Al Ulum: Jurnal Science and Technology by Islamic University of Kalimantan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JST.