APLIKASI PELAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN DI KANTOR KELURAHAN LOKTABAT UTARA BERBASIS WEB

Fajerianoor Fajerianoor(1*), Agus Alim Muin(2), Muhammad Saidi Rahman(3)

(1) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Kantor Kelurahan Loktabat Utara Banjarbaru yang beralamat di Jl. Karang Anyar no.2 Loktabat Utara, merupakan bagian dari Pemerintahan di bawah kecamatan yang di pimpin oleh lurah, Kelurahan Sungai Bengkal dengan jumlah penduduk 20.57 jiwa yang memiliki luas wilayah kurang lebih 770 Ha. Dimana teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan mempelajari liberatur. Metode analisis dan perancangan yang digunakan dalam pembuatan sistem sebagai model proses menggunakan UML dan ERD sebagai model data. Dalam mengembangkan aplikasi, website ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan metode siklus aplikasi klasik yang disebut waterfall dengan 5 (lima) tahapan. Ini termasuk Analisis, Desain, Coding, Pengujian dan Pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini membuat aplikasi pelayanan perizinan dan non perizinan yang dapat membantu masyarakat dalam mengajukan surat kepindahan, surat pengantar berkelakuan baik, surat pengajuan segel, surat pengantar mendirikan bangunan, surat keterangan usaha, surat keterangan tempat usaha, surat rekomendasi bebas banjir, surat domisili perusahaan dan membantu admin dalam pengelolaan laporan, untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat dikembangkan lagi responsive desain mobilenya untuk mempermudah penduduk dalam mengajukan surat melalui handphone.

Kata Kunci


Aplikasi, Pelayanan Perizinan, Pelayanan Non Perizinan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


TermasMedia. (2017). Pengertian Database. Diambil kembali dari Termas Media: http://www.termasmedia.com/lainnya/software/69-pengertian-database.html.

Kelurahan Loktabat Utara. (2022). Visi dan Misi. Diambil kembali dari Kelurahan Loktabat Utara : https://kel-loktabatutara.banjarbarukota.go.id/visi-dan-misi/.

Paryanta, Sutariyani, & Susilowati, D. (2017). Sistem informasi administrasi kependudukan berbasis web desa Sawahan. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering Sistem, 3(2), 77–81..

Rose Irawati, A., Sakethi dan, D., & Zakki, A. (2015). Sistem Informasi Kependudukan Kecamatan Karya Penggawa Berbasis Web, Pengembangan. Jurnal Komputasi, 3(2), 109–119. http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php /komputasiHal.109dari168.

Munawar. (2005). Pemodelan Visual Dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rosa, A., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak, Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA.

Satriawahono, R. (2016, April 24). 6 Mitos Kesalahan Pengembangan Software. Retrieved from http://romisatriawahono.net: http://romisatriawahono.net/2016/04/24/6-mitos-kesalahan-pengembangan-software/.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jssi.v1i1.9651

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



© 2022 Jurnal Sains Sistem Informasi

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.