APLIKASI MONITORING SUBKONTRAKTORPADA PT HASNUR RIUNG SINERGI SITE BRE DIVISI MONITORING AND CONTROL

Andhika Prima Jaya(1*), Yusri Ikhwani(2)

(1) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


PT Hasnur Riung Sinergi (HRS) merupakan Perusahaan Jasa Kontraktor Pertambangan. Dalam menunjang aktivitas penambangan agar berjalan maksimal, PT HRS Site BRE didukung oleh beberapa departemen, salah satunya adalah departemen engineering (ENG). Di departemen engineering terdiri dari beberapa divisi, dimana salah satu divisinya yaitu Monitoring and Control Subcont (MoCo Subcont) yang bertugas untuk memantau dan mengevaluasi kinerja dari subkontraktor dibawah naungan PT HRS Site BRE dalam aktivitas kegiatan pengangkutan batu bara. Sistem yang berjalan saat ini, proses monitoring dan control dilakukan dengan media sosial Whatsapp dan Microsoft Excel, yaitu mengumpulkan data dari Whatsapp dan direkap kedalam aplikasi Microsoft Excel kemudian data diarsipkan ke dalam folder di komputer berdasarkan periode tertentu. Permasalahannya adalah data yang tersimpan pada media sosial tersebut tidak dapat terolah dengan cepat, ada potensi data yang hilang, jangka waktu pesan yang tersimpan terbatas dan masa kadaluarsa dokumen yang terbatas di Whatsapp membuat data tidak terarsipkan dengan baik. Hal ini dianggap kurang efektif karena informasi yang dikirim lama-kelamaan akan menyita kapasitas memori dan data tidak terekap seluruhnya sehingga membuat proses pengawasan dan kontrol belum sepenuhnya dapat dilaksanakan dengan optimal yang berakibat membuat pekerjaan terganggu. Pada penelitian ini dilakukan metode studi pustaka, observasi, dan interview dalam pengumpulan data. Kemudian dibuat sebuah Aplikasi Monitoring Subkontraktor Pada PT Hasnur Riung Sinergi Site BRE Divisi Monitoring and Control dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis datanya. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi dapat menyediakan informasi-informasi terkait aktivitas di lapangan tanpa harus menghabiskan kapasitas memori akibat penyimpanan file yang terlalu banyak dan kehilangan dokumen akibat informasi yang tidak terkelola dengan baik. Saran untuk pengembangan sistem ini adalah dengan ditambahkannya notifikasi melalui Telegram ataupun Whatsapp sehingga tahu apabila ada perubahan status pengajuan dari subkontraktor, meningkatkan sistem keamanan dan menggunakan sistem Application Programming Interface (API) untuk bisa terintegrasi dengan aplikasi lain.

 


Kata Kunci


Aplikasi, Monitoring, Subkontraktor, Batubara, PHP dan MySQL

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, R., N., A. Y., & Shudiq., W. J. (2021). Aplikasi Monitoring Pelayanan Masyarakat Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi Vol. 8, No. 4, Hal. 1973-1983.

Apriliani, S. L., Esabella, S., & M. Julkarnain. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Teknologi Sumbawa Berbasis Web. Hexagon Jurnal Teknik dan Sains Vol 1 No. 2.

Fajri, F. N., Bahar, H., & Setiawan, M. B. (2020). Aplikasi Monitoring Progres Pekerjaan Proyek Di Bidang Bina Marga Dinas Pupr Kabupaten Probolinggo Berbasis Web. JUST IT (Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer) Vol. 10 No 2.

Februariyanti, H. (2012). Rancang Bangun Sistem Perpustakaan untuk Jurnal Elektronik. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 124–132.

Herdiansah, A., Borman, R. I., & Maylinda, S. (2021). Sistem Informasi Monitoring Dan Reporting Quality Control Proses Laminating Berbasis Web Framework Laravel. Jurnal Tekno Kompak.

Megawaty, D. A., & Putra, M. E. (2020). Aplikasi Monitoring Aktivitas Akademik Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Xyz Berbasis Android. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) Vol. 1, No. 1, Hal. 65-74.

Prasetyo, D. Y., & Andini, R. P. (2020). Sistem Informasi Monitoring Covid-19 Berbasis Web. JUTI-UNISI (Jurnal TenikI ndustri UNISI) Vol.4 No. 15.

Rosa, A., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak, Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Setiadi, B., & Wahyudi, J. (2020). Aplikasi Monitoring Pengaduan Dan Keluhan Pelanggan Pada PT PLN (Persero) Area Banjarmasin Berbasis Web. Technologia Vol 11 No. 4.

Setiawan, A. B., Rachmawati, W., Arrahman, A. T., Natasyah, N., & Fadil, F. N. (2021). Aplikasi Monitoring Stok Barang Berbasis Web Pada PT Intermetal Indo Mekanika. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jssi.v1i1.9650

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



© 2022 Jurnal Sains Sistem Informasi

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.