ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA GAME SIMULATOR TOKO SUPERMARKET PADA GOOGLE PLAYSTORE

Sabar Sugiarti(1*), Martinus Ponco Pamungkas(2), Setenilaus Adtiya(3), Andri Wijaya(4)

(1) Universitas Katolik Musi Charitas
(2) Universitas Katolik Musi Charitas
(3) Universitas Katolik Musi Charitas
(4) Universitas Katolik Musi Charitas
(*) Corresponding Author

Sari


Pengembangan game daring semakin pesat dan mencakup berbagai genre yang menarik bagi pengguna. Supermarket Shop Simulator adalah game yang sangat digemari dan tersedia di Google Play Store. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode Naïve Bayes guna menganalisis sentimen ulasan pengguna terhadap game tersebut. Metode web scraping digunakan untuk mengumpulkan data dari Google Play Store, dan langkah-langkah praproses seperti pembersihan, normalisasi, penghapusan stopword, tokenisasi, dan stemming digunakan untuk menganalisis data. Metrik untuk mengingat, akurasi, dan presisi digunakan untuk menilai model yang dikembangkan. Temuan analisis menunjukkan bahwa pendekatan Naïve Bayes memiliki akurasi klasifikasi sentimen sebesar 78%. Menurut data word cloud, istilah "iklan", "game", "bagus", "menyenangkan", dan "bermain" sering ditemukan dalam ulasan pengguna. Diharapkan bahwa penelitian ini akan membantu pengembang dalam memahami reaksi pelanggan dan meningkatkan kualitas game di masa mendatang.


Kata Kunci


Analisis Sentimen, Naïve Bayes, Google Play Store, Preprocessing, Simulator Toko Supermarket

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alkindi, A. F., & Nasution, N. (2024). Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Pada Game Roblox Dengan Metode Support Vector Machine Dan Naive Bayes. J-Com (Journal of Computer), 4(2), 164–177. https://doi.org/10.33330/j-com.v4i2.3319

Anggoro, D., Alessandro, A., Putra, F., & Wijaya, A. (2023). Analisis Sentimen Review Pemain Teamfight Tactics dari Playstore untuk Meningkatkan Kualitas Game. 01(03), 167–172.

Arsi, P., Subarkah, P., & Kusuma, B. A. (2023). Analisis Sentimen Game Genshin Impact pada Play Store Menggunakan Naive Bayes Clasifier. JURITEK (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro Dan Komputer), 3(1), 161–170.

Fadila, E., Robbiyanto, S. N., & Handayani, Y. T. (2022). Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Remaja. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 1(2), 17–31.

Nurwahidah, D., Dwilestari, G., Dienwati Nuris, N., & Narasati, R. (2024). Analisis Sentimen Data Ulasan Pengguna Aplikasi Google Kelas Pada Google Play Store Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(6), 3673–3678. https://doi.org/10.36040/jati.v7i6.8245

Nurwulan, N. R., Sara, C. D., Putri, R. A., Taufiqurrahman, T., & Putri, W. M. (2022). Evaluasi Usability Aplikasi Game “Among Us.” Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 10(1), 123. https://doi.org/10.26418/justin.v10i1.45492

Rompas, Y. F., Zakarias, J. D., & Kawung, E. J. R. (2023). Pengaruh Game Online Terhadap Interaksi Sosial Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Ilmiah Society, 3(1), 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/45336

Septi Putri, Yohanes Agung Apriyanto, & Andri Wijaya. (2023). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Deepl Pada Google Play Dengan Metode Support Vector Machine (Svm). Jurnal Sistem Informasi (JUSIN), 4(2), 59–66. https://doi.org/10.32546/jusin.v4i2.2368

Utami, M. A. A. T., Silvianti, P., & Masjkur, M. (2023). Algoritme Support Vector Machine untuk Analisis Sentimen Berbasis Aspek Ulasan Game Online Mobile Legends: Bang-Bang. Xplore: Journal of Statistics, 12(1), 63–77. https://doi.org/10.29244/xplore.v12i1.1064

Wibowo, F. I., & Febriandirza, A. (2024). Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Game Pubg Di Google Play Store Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 5(3), 590. https://doi.org/10.30865/json.v5i3.7264




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jssi.v3i2.18053

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



© 2022 Jurnal Sains Sistem Informasi

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.