PENGEMBANGAN GAME INTERAKTIF VISUAL NOVEL REN’PY BERBASIS PEMBANGUNAN AKHLAK UNTUK ANAK - ANAK
(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game interaktif berbasis visual novel menggunakan platform Ren'Py yang mengajarkan nilai-nilai akhlak kepada anak-anak sekolah dasar. Masalah utama yang dihadapi meliputi perancangan visual novel yang efektif, pengujian dampak game terhadap pemahaman dan penerapan nilai-nilai akhlak, serta analisis responden menggunakan metode Prototyping. Kesimpulan pada pembuatan game visual novel ini berfokus dalam menggambungkan moral, menggunakan Ren'Py dengan bahasa pemrograman Python. Hasilnya menunjukkan bahwa game ini berhasil meningkatkan motivasi dan pemahaman anak-anak terhadap nilai-nilai Islami, dan diharapkan anak-anak dapat menikmati serta menyukai game ini. Interaksi yang ditawarkan oleh game ini dirancang agar menarik perhatian mereka, memancing rasa penasaran, serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.untuk penelitian selanjutnya termasuk pengembangan fitur interaktif tambahan, penambahan mode Bahasa Inggris, serta pengembangan game untuk platform macOS guna memperluas jangkauan pengguna.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asyahda, K., & Ari Purno Wayu, W. (2023). Perancangan Game Android Novel Visual “Malin Kundang. Jurnal Darma Agung.
Chrisandy, A. W., Fanani, L., & Ananta, M. T. (2023). Pengembangan Gim Android Visual Novel Cerita Rakyat Reog Ponorogo berbasis Renpy untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Bangunsari 1 Ponorogo. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.
Ciesla, R. (2019). Game Development with Ren'Py: Introduction to Visual Novel Games Using Ren'Py, TyranoBuilder, and Twine. Apress.
Maulani, J. (2020). PENERAPAN METODE WATERFALL PADA PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI JASA DAN PENJUALAN DENGAN PEMODELAN BERORIENTASTI OBJEK. Technologia: Jurnal Ilmiah, 64-70.
Maulani, J., Alfah, R., & Rusdina, R. (2022). PERANCANGAN APLIKASI PSIKOTES DIGITAL UNTUK PENDEKATAN BIMBINGAN KONSELING PADA SISWA BERMASALAH DI SLTP NEGERI 9 BANJARMASIN. Prosiding Penelitian Dosen UNISKA MAB, 1.
Priyambudi, H. (2017). Pengertian Metode Prototype, Tahapan dan Kelebihan Metode Prototype. androidunik.com.
Sari, P., & Arief, M. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Prototyping. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 33-42.
Siagian, R., & Palupi, R. (2024). Pembuatan Game Visual Novel Sebagai Media Perkuliahan Menggunakan Ren’Py Berbasis Android. Jurnal InFact Sains dan Komputer.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jssi.v2i3.16390
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
© 2022 Jurnal Sains Sistem Informasi
-------------------------------------------------------------------------------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.