Game Edukasi Panduan Sholat Berbasis Android

Nur Afifa(1*), Erfan Karyadiputra(2), Rina Alfah(3), Agus Setiawan(4), Ihsanul Fikri(5), Ahmadi Ahmadi(6)

(1) FTI Uniska
(2) FTI Uniska
(3) FTI Uniska
(4) FTI Uniska
(5) FTI Uniska
(6) FTI Uniska
(*) Corresponding Author

Sari


Sholat adalah salah satu dari rukun islam, yang merupakan kwajiban bagi setiap muslim, pengetahuan tentang sholat tentunya perlu dikenalkan sejak usia dini,  Sholat Fardhu merupakan tiang agama yang membedakan agama Islam dengan agama lainnya. Umat muslim wajib melaksanakan sholat 5 waktu yang terdiri dari subuh, dzuhur, asar, maghrib, dan isya.Game sangat mudah didapatkan dan dimainkan melalui smartphone maupun melalui computer dan lainnya, yang dimana di era saat ini hampir setiap anak memilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemanfaatan pada smartphone sebagai media pembelajaran. Selain itu dengan media elektronik akan memiliki potensi yang besar untuk memfasilitasi metode pendidikan yang lebih inovatif. Metode yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan metode waterfall. Sedangkan perangkat lunak yang digunakan dalam sistem adalah menggunkan aplikasi Construct 2 yang akan menghasilkan output menjadi aplikasi android. Dengan harapan bahwa game yang di buat ini akan menjadi pedoman yang dapat membantu anak-anak. Dari hasil perancangan game ini maka didapat hasil game edukasi panduan sholat yang bukan hanya sekedar permainan, tapi juga mendapat ilu tentang panduan sholat dengan panduan yang telah di buat, dan juga game yang ada dalam aplikasi ini akan berdampak positif terhadap anak


Kata Kunci


android, game edukasi, panduan sholat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Irsyadi, F. Y., Puspitassari, D., & Kurniawan, Y. I. (2019). ABAS (Ayo Belajar Sholat) : Game Edukasi Pembelajaran Sholat Untuk Anak Tuna Rungu Wicara. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 9(1), 17–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v9i1.1537

Birastuti, C. B. P., & Yasin, F. (2019). Pembuatan Game Edukasi Tuntunan Sholat Fardhu untuk Anak berbasis Android. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 19(2), 46–53. https://doi.org/10.23917/emitor.v19i2.6346

Christian, A., Hesinto, S., & Agustina, A. (2018). Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap ( Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih ). Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(1), 22–27. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i1.278

Damayanti, D., Akbar, M. F., & Sulistiani, H. (2020). Game Edukasi Pengenalan Hewan Langka Berbasis Android Menggunakan Construct 2. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 275–282. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020721671

Ikhsanuddin, R., & Putri, A. D. (2021). Game Edukasi Nama-Nama Nabi Dengan Menggunakan Construct 2 Berbasis Android. Jurnal Comasie, 4(1), 53–61. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/comasiejournal

Karyadiputra, E., Ibrahim, I., & Kumala, S. (2020). PKMS Pendampingan Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis E-Learning untuk Peningkatan Kompetensi pada Guru SMA N 1 Anjir Pasar. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(1).

Karyadiputra, E., Pratama, S., Alim Muin, A., Setiawan, A., & Yusa Rahman, F. (2022). Pelatihan Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Prakarya (MGMP Prakarya) SMP Kab. Barito Kuala. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 89–94. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.302

Mubarokah, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tajwid dan Sholat dengan Game Android di Sekolah Dasar Mursyidah Surabaya. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 10(1), 20–41. https://doi.org/10.54180/elbanat.2020.10.1.20-41

Nurfitri, K., Astuti, I. P., & Astuti, A. Y. (2022). Rancang Bangun Game Edukasi Panduan Lengkap Belajar Gerakan Dan Bacaan Sholat “Garba Sholat.” Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi (SISFOTEK), 28–33.

Prasetiyo, H., Widaningrum, I., & Astuti, I. P. (2017). Game Edukasi Math & Trash Berbasis Android dengan Menggunakan Scirra Construct 2 dan Adobe Phonegap. Resti, 1(3), 37–49.

Sunardi, D., Sonita, A., & Sandi, Z. (2024). Pembelajaran Sholat Berbasis Mobile Android Pada Siswa SMP Negeri 07 Mukomuko. 20(1), 179–186.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jssi.v2i2.14816

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



© 2022 Jurnal Sains Sistem Informasi

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.