APLIKASI LAYANAN PEGAJUKAN LAPORAN PENGADUAN PADA BALAI STANDARISASI DAN PELAYANAN JASA INDUSTRI

Ahmadi Ahmadi(1*), Nadiya Hijriana(2), Rina Alfah(3), Rusdina .(4)

(1) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(4) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Balai Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Banjarbaru dalam proses pengaduan dan pengajuan pelayanan masih menggunakan cara manual, akibatnya mengharuskan pegawai datang langsung ke kantor dan harus menunggu antrian untuk melakukan layanan pengaduan dan pengajuan. Setiap kantor baik pemerintahan maupun swasta mengharapkan setiap aktivitas atau pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Dimana pekerjaan kantor yang baik memerlukan penciptaan, penyimpanan, pemeliharaan, dan pengelolaan secara efektif setiap pekerjaan akan ada evaluasi dan pertanggung jawaban secara jelas. Pelayanan pengaduan secara manual sangat tidak efisien untuk saat ini karena tidak semua pegawai dan pelanggan bisa secara langsung untuk datang ke kantor. Hal-hal yang dapat disimpulkan dalam Aplikasi Layanan Pegajukan Laporan Pengaduan Pada Balai Standarisasi Dan Pelayanan Jasa Industri, yaitu Mempermudah layanan pengaduan dan pengajuan menjadi lebih efektif, Mempermudah admin dan staff dalam menyimpan, memelihara, dan mengelola data pengaduan dan pengajuan, dan Mendukung kinerja BSPJI Banjarbaru dalam perkembangan teknologi yang semakin berkembang.


Kata Kunci


Aplikasi, Layanan ,Pengaduan, Standarisasi, Balai, Industri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Justitia, I. K. (2015). Pembuatan Model Squence Diagram Dengan Reverse Engineering Aplikasi Basis Data Pada Smartphone Untuk Menjaga Konsistensi Desain Perangkat Lunak. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 135-141.

Kurniawan, T. B. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minumaan Pada Cafetaria No Coffe di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemograman PHP dan MYSQL. Use Case Diagram, Squence Diagram, dan Class Diagram, 201 - 204.

Nailan Ni'mah Sinaga, N. H. (2022). Analisis Manfaat dan Pentingnya Microsoft Word bagi Semua Kalangan. Jurnal Ilmu Komputer, 2753-2755.

Nugroho, B. (2009). Membuat Website Sendiri Dengan PHP-MySQL. Indonesia: Media Kita.

Raharjo, B. (2021). Kursus Mandiri PHP 8. Indonesia: Penerbit Informatika.

Setiyani, L. (2021). Desain Sistem Use Case Diagram. Pemodelan, UML, Unified Modelling Languange, Use Case, 10-13.

Sharive. (2014). Proyek Membangun Website dengan yii framwork. Indonesia: Lokomedia.

Trimarsinah, Y. (2017). Analisis dan Perancangan Website Sebagai Sarana Informasi. Jurnal Ilmiah, 1-5.

waseso, N. E. (2020). Perancangan Aplikasi Retensi Data Pada Database MySQL. Jurnal Sistem Informasi dan E-Bisnis, 365-372.

Wibowo, A. G. (2022). Aplikasi Pengarsipan digital Berkas Pelayanan Kelurahan Banua Anyar Berbasis Web. Banjarmasin.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jssi.v1i2.11907

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



© 2022 Jurnal Sains Sistem Informasi

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.