PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Erlena Erlena(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Kepemimpinan merupakan salah satu faktor utama sebuah keberhasilan suatu organisasi maupun lembaga (Syadzili, 2019), baik dalam lingkup organisasi, keagamaan, organisasi politik, organisasi sosial, maupun organisasi pendidikan (Arifin, 2019). Kepemimpinan dalam hal ini kepala sekolah merupakan kunci untuk dapat melihat keberhasilan sekolah. Untuk dapat menjalankan kepemimpinan yang baik, melaksanakan tugas-tugasnya dan memainkan perannya, kepala sekolah seharusnya mempunyai motivasi yang tinggi agar dapat menunjang program yang telah dirumuskan bersama.

peningkatan keprofesionalan kepala sekolah tidak akan terwujud begitu saja tanpa menghadirkan motivasi dan adanya kesadaran dalam diri seorang kepala sekolah tersebut serta semangat mengabdi yang akan menciptakan visi kelembagaan maupun kemampuan konsepsional yang jelas. Sebab adanya kesadaran dan motivasi semangat mengabdi merupaka faktor yang penting dalam memberikan hasil maksimal untuk merealisasikannya


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abrori, H. (2018). Inspiring Leadership Dan Transformasi Kelembagaan. Al- Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–22.

Agus, A. H., & Ummah, B. (2019). Strategi Image Branding Universitas Nurul Jadid Di Era Revolusi Industri 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam,12(1), 59–81.

Ali, L. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarata: Balai Pustaka.

Amtu, O. (2013). Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Z. (2019). TAFSIR AYAT-AYAT MANAJEMEN; Hikmah Idariyah Dalam Al-Quran. Yogyakarta: Prodi Manajemen Pendidikan Islam.

Asmara, H. (1985). Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Bachtiar, Y. (2010). Kebijakan Kependidikan Indonesia; Kebijakan Berbasis Riset. MEDTEK, 1.

Badudu, Muh Zain Sutan. (1994). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarata: Pustaka Sinar Harapan.

Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjamin Mutu, 31.

Fuziah, H. (2017). Manajemen Kepemimpinan Transformasional di Bidang Pendidikan Terhadap Kedisiplinan Mutu Pendidikan. Jurnal Realita.

Hafulyon. (2014). Keragaman Konsep Kepemimpinan dalam Organisasi. Jurnal Al-Fikrah, 2.

Hasan Baharun, Z. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan: Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Imam Machali and Ara Hidayat. (2018). The Hand Book of Education Management. Yogyakarta: Kencana.

Kompri. (2015). Manajemen Madrasah Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munawar, M. (2019). Supervisi Akademik: Mengurai Problematika Profesionalisme Guru Di Sekolah. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 135–155. https://doi.org/10.33650/al- tanzim.v3i1.522

Mundiri, A. (2015). Komitmen Organisasional Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pesantren. Pedagogik, 3(1), 88–105.

Munif, M. (2016). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Sebagai Budaya Sekolah. Jurnal Pedagogik, 3(2), 46–57.

Nasrul Amin, F. S. (2018). Budaya Pendidikan, Budaya Organisasi Dan Budaya Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 94–106.

Nurkholis. (2013).Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Tekhnologi. Kependidikan .

Rahmi, S. (2018). Kepala Sekolah dan Guru Profesional. Banda Aceh: Lembaga Naskah Aceh dan Pascasarjana UIN Ar Raniry.

Rizki, A. A. (2019). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di Daerah Perbatasan. Manajemen Pendidikan Islam , 51.

Sitin Nurul Khasanah and Zainal Arifin. (2017). Kepemimpinan Siswi Dalam Penerepan Nilai-Nilai Religiusitas Di Madrasah. Allim At MuhammadiyahYogyakarta, 1-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v2i2.7340

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.