KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Khairun Nisa(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Desentralisasi pendidikan membawa perubahan dalam pengelolaan sekolah, yakni dengan Manajemen Berbasis Sekolah yang melibatkan pada peran sekolah dan komite sekolah dalam mengambil setiap kebijakan dan keputusan sekolah. Salah satu asfek yang penting dalam MBS adalah model kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan. Salah satu model kepemimpinan yang relevan dengan MBS adalah kepemimpinan transformative yang mempunyai karakteristik bekerja untuk merubah situasi. Prinsip-prinsip kepemimpinan transformatif adalah simplikasi, motivasi, fasilitas, inovasi, mobilitas, siap siaga, dan tekad. Kepemimpinan transformative jika diterapkan dalam lembaga pendidilkan yakni, sekolah akan membawa kontribusi dan pengaruh yang signifikan dalam kemajuan lembaga pendidikan tersebut.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Danim, Sudarwan, Menjadi Komunitas Pembelajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005

Hidayat, Arad an Machali, Imam, Pengelolaan Pendidikan Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah, Bandung: Pustaka Educa, 2010

Makawimbang, Jery H., Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu, Bandung, Alfa Beta, 2012

Mulyasa, E, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Mulyasa, H. E., Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Sagala, Saipul, Administrasi Pendidikan kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2008 Santoso, Ditto. “Kepemimpinan Transformatif di UKM”, Artikel,

http://www.pnm.co.id/content.asp?id=717&mid=54

Usman, Husaini, Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008, 273




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v2i2.7339

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.