TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI JEMBATAN REFORMASI PEMBELAJARAN DI INDONESIA LEBIH MAJU

Rahmalia Syifa Miasari(1*), Cory Indar(2), Pratiwi Pratiwi(3), Purwoto Purwoto(4), Unik Hanifa Salsabila(5), Ulfiyana Amalia(6), Syaiful Romli(7)

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(3) Universitas Ahmad Dahlan
(4) Universitas Ahmad Dahlan
(5) Universitas Ahmad Dahlan
(6) Universitas Ahmad Dahlan
(7) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Sari


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pekat pada era saat ini menyebabkan dampak baik bagi keduanya yaitu dimana pembelajaran mampu dipadupadankan dengan teknologi sehingga mulai banyak sekali media-media pembelajaran yang meunggunakan teknologi. Dengan banyaknya hal itu sehingga ada yang namaya denga istilah teknologi pembelajaran. Teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran merupakan dua hal yang berkaitan erat untuk menciptakan sebuah pembelajaran yang etis juga memfasilitasi keberlangsungan proses belajar mengajar kea rah yang lebih maju dengan memanfaatkan penciptaan, penggunaan, teknologi, dan sumber daya yang tepat. Teknologi pendidikan membawa pengaruh baik pada kegiatan belajar mengajar kearah yang lebih maju lagi di semua tingkatan baik itu dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi sekalipun. Teknologi membawa para peserta didik pada pengalaman belajar yang tidak mereka rasakan secara langsung sehingga membuat mereka merasa memiliki pengalaman dan phenomena baru. Dengan mencampurkan antara teknologi dan tugas para pendidik secara tidak langsung membuat peserta didik memiliki proses belajar yang maju, dimana hal itu mungkin tidak mereka dapatkan beberapa tahun yang lalu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan deskriptif dengan pengumpulan data melalui pencarian di perpustakaan (library research). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengertian teknologi pendidikan, (2) metode teknologi pembelajaran, (3) implementasi teknologi dalam pendidikan. Dengan hal ini di harapkan bisa melihat sebagaiana perkembangan pemanfaatan teknolgi dalam bidang pendidikan di Indonesia sehingga kita kedepannya mampu untuk merubah dan juga lebih memajukan pendidikan di Indonesia.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Haris, A. (2017). Peran Pengembangan Dan

Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Dan

Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas

Mengajar. 1–14.

https://doi.org/10.31219/osf.io/r57qw

Semiawan, Conny R. 2010. Metode Penelitian

Kualitatif. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana

Indonesia.

Yuliani, Wiwin. 2018. “Metode Penelitian Deskriptif

Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan

Konseling” dalam Quanta Volume 2 (2).

Siliwangi.

Sari, Milya dan Asmendri. 2020. “Penelitian

Kepustakaan (Library Research) dalam

Penelitian Pendidikan IPA” dalam Natural

Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan

Pendidikan IPA Volume 6 (1) hlm. 41-53.

Lestari, Sudarsri. 2018. “Peran Teknologi dalam

Pendidikan di Era Globalisasi” dalam

Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Volume 2 (2). Banyuwangi.

Widyastuti, Ana, Arin Tentrem Mawati, Ika Yuniwati,

Janner Simarmata, Andrew Fernando

Pakpahan, Dewa Putu Yudi Ardiana, Dyah

Gandasari, Astrina Nur Inayah. 2020.

Pengantar Teknologi Pendidikan. Yayasan Kita

Menulis.

Andri, Rogantina Meri. 2017. “Peran Dan Fungsi

Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas

Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Research Sains

(1):122–29.

Anggraeny, Devie, Dina Aulia Nurlaili, and Rachil

Amalia Mufidah. 2020. “Analisis Teknologi

Pembelajaran Dalam Pendidikan Sekolah

Dasar.” Fondatia 4(1):150–57. doi:

36088/fondatia.v4i1.467.

Titsa Raky Andjani. 2018. “Definisi Dan Kawasan

Teknologi Pembelajaran.”

Ali, Agus, and Erihadiana Erihadiana. 2022.

“Peningkatan Kinerja Teknologi Pendidikan

Dan Penerapannya Pada Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Dirosah

Islamiyah 4(1):332–41. doi:

47467/jdi.v4i1.445.

Susanti, Rani. 2013. “Teknologi Pendidikan Dan

Peranannya Dalam Transformasi Pendidikan.”

Jurnal Teknologi Pendidikan 2(2):15–23. doi:

32832/tek.pend.v2i2.448.

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi

Pembelajaran. Jakarta : PRENADAMEDIA

GROUP.

Aisyah, Hesti. 2020. “Implementasi Teknologi Positif

dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan”

dalam JCES : Journal Character Education

Society Volume 3 (1) (hlm.86-94). Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6390

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.