PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN BERBASIS KONSERVASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI NURUL ISLAM BATUR 02 KEC. GETASAN KAB. SEMARANG PADA MASA PENDEMI COVID-19 TAHUN 2020

Rina Priarni(1*)

(1) Fakultas Agama Islam UNDARIS Kab. Semarang
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang di tujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individu atau kelompok.Pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Sedangkan waktu penelitian adalah waktu yang digunakan untuk melakukan riset terhadap objek yang menjadi pusat perhatian. Dalam hal ini, penulis melakukan penelitian di MI Nurul Islam Batur 02 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pendidikan karakter peduli lingkungan berbasis konservasi pada mata pelajaran fiqih di MI Nurul Islam Batur 02 adalah : (1) Pembelajaran fiqih di MI Nurul Islam Batur 02 dilaksanakan sesuai dengan silabus dan RPP yang telah diintegrasikan dengan program-program konservasi lingkungan. (2) Pendidikan karakter peduli lingkungan berbasis konservasi pada mata pelajaran fiqih bab wudhu meliputi pemahaman rukun wudhu, kebersihan tempat wudhu, penghematan air wudhu, pemanfaatan sisa air wudhu untuk penyiraman madrasah (3) Problematika implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan berbasis konservasi pada mata pelajaran fiqih bab wudhu di MI Nurul Islam Batur 02 meliputi kurangnya kedisplinan peserta didik dalam hal kebersihan, penguasaan IPTEK guru dalam pembelajaran belum maksimal, Perencanaan pembelajaran, pemahaman guru terhadap perbedaan setiaap individu peserta didik masih rendah, dan pemahaman guru tentang pendidikan karakter masih kurang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arif, Arifuddin. 2008. Pengantar Ilmu Pendidikan

Islam, Jakarta: Kultura.

Elzaky,Jamal.2011. Mukjizat Kesehatan Ibadah,

Jakarta: Zaman.

Damayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi

Pendidikan Karakter Di Sekolah,

Yogyakarta: Araska.

Khalid, Najib. 1996. Tarbiyah Rasulullah. Jakarta:

Gema Insani Press.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian

Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Kutanegara, Pande.2014.Membangun Masyarakat

Indonesia Peduli Lingkungan, Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press

Tim Penulis, 2001. Pendidikandan Agama Akhlak

BagiAnak&Remaja. Jakarta: Logos Wacana

Ilmu.

Suparno, Paul. 2015. Pendidikan Karakter di

Sekolah. Yogyakarta: PT Kanisius.

Suyanto, Agus. 2017. Konservasi Lingkungan,

Yogyakarta: Graha Cendekia.

Tafsir, Ahmad. 2008. Ilmu Pendidikan dalam

Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6329

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.