KERJASAMA ANTARA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT SISWA KELAS V SDN 004 CISARANTEN KULON KECAMATAN ARCAMANIK

Dian N, Mulyasa Mulyasa, Fathurrohman A

Sari


Latar belakang penelitian adalah Islam mengajarkan agar proses penanaman disiplin dalam pelaksanaan salat 5 waktu harus ditanamkan sejak dini.Kerja sama antara guru PAI dan orang tua siswa untuk mendidik pembiasaan salat 5 waktu kepada siswa, dilatarbelakangi oleh kegiatan pengisian buku penghubungan salat 5 waktu siswa. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara guru PAI dan orang tua dalam upaya mereka untuk meningkatkan kedisiplinan salat 5 waktu siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi mengenai desain, pelaksanaan, keberhasilan, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kerja sama antara guru PAI dan orang tua untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam melaksanakan salat lima waktu. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan memberikan gambaran secara faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan desain, pelaksanaan kerja sama antara guru PAI dan orang tua siwa,keberhasilan serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kerja sama antara guru PAI dan orang tua untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam melaksanakan salat lima waktu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi,wawancara,dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah diperoleh setelah dilaksanakannya desain program kedisiplinan salat melalui buku penghubung pada bulan Agustus dan September pada bulan September mengalami peningkatan siswa terlihat banyak melaksanakan salat di tempat-tempat ibadah. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program sudah berhasil,teramati dengan banyaknya siswa yang melakukan salat fardu di mushala dan mesjid semakin bertambah. Guru PAI mampu melaksanakan program ini sesuai prosedur, seluruh pihak di sekolah mendukung adapun penghambat dari program ini dapat ditanggulangi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan prestasi anak dan disiplin salat dipertahankan dan ditingkatkan, agar memiliki kesadaran yang tinggi untuk memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam. Intensitas komunikasi dengan orang tua juga senantiasa dipertahankan bahkan ditingkatkan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, M. 2010. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta. hlm 106

Al Albani, M. N. 2006. Shahih Sunan Tirmidzi Buku I. Jakarta: Pustaka Azzam.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daulay, H. P. 2012. Pendidikan Islam Dalam Mencerdaskan Bangsa. Jakarta: Bhineka Cipta.

Daradjat, Z. 1996. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama.

Depag RI. 2004. Pedoman Integrasi Life Skills dalam Pembelajaran Madrasah Aliyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta).

Edwards.D. 2006. Flow to handle a Hand to Handle Kit a Parents’ Guide to Understanding and Changing Problem Behaviors. Terj. Oetih F.D> ketika Anak Sulit Diatur: Panduan bagi Pars Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: Mizan Pustaka

Fathoni, A. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Harjaningrum, A. T., dkk. 2007. Peranan Orang Tua dan Praktisi dalam Membantu Tumbuh Kembang anak Berbakat Melalui Pemahaman Teori dan Tren. Jakarta: Prenada Media Grup.

Helmawati. 2015 Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Agama Islam.Hal 61 . Bandung: Remaja Rosdakarya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Pengembangan Kurikulum 2013.

Lexy J. Meleong. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Pustaka Setia.

Majid, A. dan Andayani, D. 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004.

Remaja Rosdakarya: Bandung

Mudyhardjo, R. 2001. Pengantar Pendidikan. Jakarta Radja Grafindo Persada.

Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan agama Islam di Sekolah. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Mulyasa, E. 2017 Revolusi Mental Dalam Pendidikan.hal 117 Bandung: Remaja Rosdakarya

__________. 2017 Menjadi Guru Profesional.hal 170 Bandung: Remaja Rosdakarya

__________. 2019 Implementasi Kurikulum 2013 Revisi hal 29. Jakarta: Bumi Aksara

Musyfiqon. 2012 Panduan Lengkap Metodologi Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Permendikbud No. 81-A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013: Remaja Rosda Karya

Purwanto, N. 1988. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahim, A. M. 2002. Tarbiyyah Menjawab Tantangan. Jakarta Rabbani Press

Sanjaya, W. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Prenada Media Grup: Jakarta.

Shihab. M. Q. 2002. Tafsir Al- Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Volume I. Jakarta: Lentera Hati

Shochib. M. 1998. Pola Asuh Orang tua. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekanto, S. 1986. Sosiologi Kerja sama. Jakarta: Media Utama.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Syaamil quran Al-Qur’an Fadhilah Terjemah & Transliterasi Latin Sygma 2011 hal 281

Syah, Muhibbin. 2016. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:

Syaltut, Mahmud. 1994. Aqidah dan Syariah Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Tafsir, A. 2016. Ilmu Pendidikan dalam Persefektif Islam. Bandung: Rosdakarya

________. 2016. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Rosdakarya

________. 2017 Filsafat pendidikan Islam hal 171 Bandung: Remaja RosdakaryA

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa: Jakarta. (Pdf)

Yaya Suryana dan Tedi Priatna. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Azkia Putra Utama.

Zuhri, M. 1982. Kelengkapan Hadits Qudsi. Semarang: Toha Putra.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v1i2.5135

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.