PERENCANAAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

Deli Sri Maryati(1*), Wasliman Wasliman(2), Mudrikah Mudrikah(3), Sauri S(4)

(1) UNINUS
(2) UNINUS
(3) UNINUS
(4) UNINUS
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlu adanya implementasi manajemen pengetahuan di perpustakaan Perguruan Tinggi yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi agar pengetahuan dapat diakses secara efektif dan efisien untuk diketahui, dipelajari, digunakan kembali, penelitian dan publikasi ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan menganalisis tentang Implementasi Manajemen Pengetahuan (knowledge management) Perpustakaan Perguruan Tinggi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam hal Pelayanan Prima Tenaga Perpustakaan Perpustakaan IPDN Jatinangor Sumedang Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi.  Teori dalam penelitian ini adalah teori Manajemen menurut Hasibuan, M (2017:10), Mangkunegara, A (2017:2), teori Pengetahuan Davenport & Prusak (1998:42) dan Implementasi Manajemen Pengetahuan menurut Bhatt, D (2000). Hasil penelitian ini adalah: Perencanaan tenaga perpustakaan IPDN Jatinangor dari segi rekruitmen, pendidikan, pengembangan, motivasi, retensi, kerjasama dan partisipasi seluruh pegawai (share knowledge to creating value through social interaction) sudah dilakukan meskipun belum maksimal, karena pustakawan bagian IT jumlahnya masih sedikit dan tenaga teknis IT juga belum ada ahlinya, sehingga pengelolaan website masih bekerjasama dengan unit lain di IPDN. Perencanaan proses pengadaan pengetahuan dan teknologi di perpustakaan IPDN telah dilakukan oleh tenaga perpustakaan IPDN, walaupun tidak semua terealisasi karena keterbatasan anggaran.

Kata Kunci: Manajemen, Implementasi Manajemen Pengetahuan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas, Syahrizal. (2014). Manajemen Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Keebudayaan (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Debowski, Shelda. (2006). Knowledge Management. Melbourne and Sydney: John Wiley and Son Australia, Ltd.

Dilip, Bhatt. (2000). "EFQM Excellence model and knowledge management implications." Published by EFQM Organization 8. http://www.eknowledgecenter.com/articles/1010/1010.htm. Diakses pada 20 Mei 2019.

Creswell, John W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalkir, K. (2005). Knowledge Management in Theory and Practice. Oxford, UK: Burlington, MA.

Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Davenport, T. De Long, and Beers, M. (1998). Succesful Knowledge Management Project. Sloan Management Review, 39(2), 43-57.

Davenport, TH and Prussak, L. (1988). Working Knowledge, Harvard Bussines School Press.

Davis, Keith. (2010). Organizational Behavior – Human Behavior at Work 13th Edition. New Delhi: Mcgraw Hill Company.

Debowski, Shelda. (2006). Knowledge Management. Melbourne and Sydney: John Wiley and Son Australia, Ltd.

Departemen Pendidikan Nasional RI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2004). Perpustakaan Perguruan Tinggi Buku Pedoman. Jakarta.

Eneste, P (2017). Buku Pintar Penyuntingan Naskah. (Cet-3). Jakarta: Kompas Media.

Frappaolo, Carl dan Toms, Wayne. (1997). Knowledge management: from terra incognita to terra firma. http://www.delphigroup.com/articles/1997/11071997.

Terry, G.R . (1978). Principles of Management.Illinois: Richard D. Irwin Inc.

Galagan, P. (1997). Smart Companies (Knowledge Management). Training and Development, Vol 51, No 12, h 20-5.

Galbraith.J.,(1973), Designing Complex Organizations, Reading, Mass: Addison- Wesley Publishing Company.

Hasibuan, M (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cet-17) Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hendrawan, M. (2019). Manajemen Pengetahuan Konsep dan Praktik Berpengetahuan pada Organisasi Pembelajar. Malang: UB Press.

Ismail Nawawi, (2012). Manajemen Pengetahuan. Bogor. PT Ghalia Indonesia.

Laurence Prusak. (1998). Working Knowledge : How Organizations Manage What They Know. Harvard Business School Press, Boston.

Lasa HS. (2005). Manajemen Perpustakaan. Yogyakatra : Gama Media. Hlm 3.

Mangkunegara, A.A. (2017). Manajemen Sumberdaya Manusia Perusahaan. (Cet-14).Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Merriam-Webster. (2011). Keyword Definition. Merriam-Webster Online Dictionary. Retrieved July 9, 2011, from http://www.merriam-webster.com/dictionary/keyword.

Moleong, J.L (2019). Metodologi Penelitian (cet-39). Bandung: Rosdakarya.

Nonaka, Ikujiro dan Hirotaka Takeuchi. (1995). The Knowledge-Creating Company: How Japanese Companies Create the Dynamic of Innovation. New York: Oxford University Press.

Nurul, I. (2015). Manajemen Pengetahuan Teori dan Praktik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Partridge, D. dan Hussain, KM. (1995). Knowledge-based information systems. London: McGraw-Hill Book Company.

Priansa, D (2017). Manajemen Pelayanan Prima Fokus pada Organisasi Publik dan Peningkatan Kualitass Aparatur. Bandung: Alfabeta.

Ranupandojo, H., dan Suad Husnan, (1990). Manajemen Personalia, Edisi III, Yogyakarta: BPFE.

Saleh, Abdul Rahman. (2014). Model Perpustakaan Digital di Indonesia Sebuah Usulan. Jakarta: Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI.

Sanusi, A. (2015). Sistem Nilai. Bandung: Nuansa Cendekia.

Short, F.T dan C.M Duarte. (2001). Methods for the Measurement of Seagrass Growth and Production. 155-180 h. In F.T. Short dan R.G Coles (ed),Global seagrass research methods. Elsevier Science B.V. Netherlands.

Soeatminah. (1992). Perpustakaan, Kepustakawanan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.

Soejono Trimo, M.L.S.( 1985). Pedoman Pelaksanaan Perpustakaan. Bandung: Remadja Karya Offset.

Sony Keraf dan Mikhael Dua. (2001). Ilmu Pengetahuan; Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta; Kanisius,

Sukarna. (2011). Dasar –dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kombinasi. (Cet-8) Bandung: Alfabeta.

Sulistyo Basuki. (2003). Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Universitas Terbuka. Depdikbud.

Tafsir, A. (2017). Filsafat Ilmu Mengurai Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Pengetahuan, (Cet-10). Bandung: Rosdakarya.

Tobing, Paul L. (2007). Knowledge Management, Konsep Arsitektur dan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wallace, Danny P.(2007). Knowledge Management: Historical and Cross-disciplinary themes. USA: Libraries Unlimited.

Yusup, Pawit. (2012), Perspektif Manajemen Pengetahuan, Informasi, Komunikasi, Pendidikan dan Perpustakaan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Ya’qub, H (1984). Menuju Keberhasilan Manajemen dan Kepemimpinan. Bandung: CV Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v1i2.5134

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.