HUBUNGAN PELAKSANAAN SUPERVISI DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN GURU SMA IT ASSALAM MARTAPURA

Ngalimun Ngalimun

Sari


Rancangan penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai hubungan pelaksanaan supervisi, motivasi kerja guru dan kemampuan pembelajaran guru SMA IT Assalam Martapura. Dalam penelitian ini peneliti hanya mengukur variabel yang ada tanpa memanipulasinya. Pada salah satu sisi penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, maksudnya adalah mendeskripsikan suatu fenomena seperti apa adanya, tidak ada perlakuan yang diberikan pada subyek seperti penelitian eksperimen. Pada sisi lain ditinjau dari segi masalah dan tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan teknik korelasional. Tehnik korelasional adalah penelitian yang sifatnya melukiskan hubungan yang terdapat antara dua variabel atau lebih. Penelitian korelasional berusaha menetapkan seberapa kuatnya hubungan yang terdapat antara dua variabel.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu Ahmadi,Nur Uhbiyanti, 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anas Sudijono, 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Anwar Arifin, 2005. Paradigma baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto,S, 2005. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrorun Ni’am Sholeh, 2006. Membangun Profesionalitas Guru Analisis Kronologis atas lahirnya UU Guru dan Dosen. Jakarta: Elsas.

Aunurrahman, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan, 2004, Standar Kompetensi Guru sekolah Menengah Atas, Jakarta.

Kunandar, 2007, Guru Profesional Kurikulum KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Latifah, 2019. Pola Komunikasi Interpersonal Guru PAI Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Pada MI Assalam Martapura dan SD Muhammadiyah Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial. Vol. 1 No. 2. September 2019. ISSN: 2656-2928

Miftah Thoha, 2013, Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moh.Uzer Usman, 1990, Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nawawi, Hadari, 1989. Administrasi Pendidikan. Jakarta: CV. Haji Masagung.

Ngalim, Purwanto, 2002. Administrasi Pendidikan. Jakarta: CV. Mutiara.

Soemanto,S. 1987. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Subari,1988. Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana, 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alpabeta.

Suharsimi Arikunto, 2004. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukadi, 2006. Guru Powerfull Guru Masa Depan. Bandung: Kolbu.

Surya.S, 2005. Dasar-dasar Psikologi untuk Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Prima Karya.

Umar Tirtarahardja, 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v1i2.5092

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.