IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KESISWAAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN BERDASARKAN INSTRUMEN AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN (IASP) TAHUN 2020 DI MI MANBA’UL HUDA KOTA BANDUNG

Asri Sulastri(1*), Mulyawan Safwandy Nugraha(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author

Sari


Membentuk generasi yang berkualitas adalah salah satu peran penting sekolah dan menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan. Untuk mendukung siswa yang berkualitas tersebut, lembaga pendidikan harus memberikan fasilitas yang memadai, memiliki manajemen yang baik, sarana prasana yang mendukung dan sumber daya yang kompeten. Meningkatkan kualitas pendidikan merupakan tujuan dari setiap lembaga pendidikan. Tujuan penelitian untuk menganalisis implementasi pengelolaan kesiswaan dalam peningkatan kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa MI Manba’ul Huda adalah sekolah yang menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler dan mengikutsertakan siswa dalam berbagai kompetisi serta menghasilkan prestasi. Kesimpulannya berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) tahun 2020 MI Manba’ul Huda Kota Bandung telah melakukan implementasi pengelolaan kesiswaan dengan baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–123.

Devi, I., Harahap, N. I., & Simbolon, A. M. Y. (2023). Implementasi Manajemen Kesiswaan di SMAN 1 Tigo Nagari. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 30–41.

Indrayeni, I. D. Y. (2024). MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MTs MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU. UIN Suska Riau.

Khoiro, N. M. (2019). Dukungan orang tua terhadap program kegiatan ekstrakurikuler di Lembaga KB-TK Palm Kids Permata Jingga Kota Malang. Universitas Negeri Malang.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia dan solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13.

Mahmudah, F. N., & Putra, E. C. S. (2021). Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43–53.

Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87–97.

Munawaroh, L., & Izzah, K. (2021). Implementasi Pengelolaan dan Administrasi Kesiswaan di SMP Negeri 2 Kepung Tahun Ajaran 2020/2021. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(3), 133–143.

Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi motivasi dalam proses pembelajaran. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41.

Sidiq, U. M. M. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (A. Mujahidin (ed.); I). Nata Karya.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.

Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Dinata, Z. P., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18–22.

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 129–153.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v4i2.15368

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.