STRATEGI KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENDORONG KETERLIBATAN AKTIF ORANGTUA TERHADAP PRESTASI NON AKADEMIK SISWA

Agustina Rahmi(1*), Dwi Sogi Sri Redjeki(2), Prisma Ikawati(3), Said Said(4), Sabariah Sabariah(5), Eshariyani Eshariyani(6)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsad Al- Banjari, South Borneo, Indonesia
(2) 2Universitas Sari Mulia, South Borneo
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsad Al- Banjari, South Borneo
(4) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsad Al- Banjari, South Borneo
(5) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(6) 6Universitas Palangka Raya, Sentral Boneo
(*) Corresponding Author

Sari


 

Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi strategi komunikasi kepemimpinan kepala sekolah SDN 1 Syamsyuddin Noor dalam mendorong keterlibatan aktif orangtua terhadap prestasi non akademik siswa, implementasi dan mengidentifikasi faktor-faktor penghambat serta solusi yang ditawarkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi kepemimpinan kepala sekolah SDN 1 Syamsyuddin Noor yaitu dengan: komunikasi yang bersifat terbuka, menerima saran/ masukan, menyisipkan pesan dan motivasi kepada orangtua untuk mendukung prestasi non akademik siswa. Sedangkan, implementasi strategi komunikasi kepemimpinan kepala sekolah SDN 1 Syamsyuddin Noor yaitu dengan: menyelenggarakan pertemuan sekolah dan orangtua, memfasilitasi komunikasi via virtual/ online, membentuk komite sekolah dan orangtua dan mengadakan acara ataupun pameran hasil karya siswa. Adapun, solusi yang dilakukan kepala sekolah apabila terdapat tantangan dan hambatan yaitu:  membangun komunikasi, mendorong orangtua memberikan masukan yang bersifat membangun, mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas dukungan dan keterlibatan orangtua.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annisa, Y. N. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. In Semarang , universitas diponogoro.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Gibson, J.L., John M.I, James H.D, Jr, R.K. (2006). Organizations, Behavior, Sructure and Proceses. Boston: McGraw-Hill.

Golhaber, Gerald, M. (1993). Organizational communication. Fifth Edition. Dubuque. Iowa: WCB Publisher.

Harold D. Lasswell. (2009). Structure an Function of Communication in Societ. Wilbur Schramm. (Ed)

Kompri. (2014). Manajemen Sekolah Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

McCandless, S., & Ronquillo, J. C. (2020). Social Equity in Professional Codes of Ethics. Public Integrity, 22(5).

Spitzberg, B. H., & Cupach, W. R. (1989). Handbook of Interpersonal Competence Research. New York: Springer-Verlag.

Supartha, W.G., & Sintaasih, D.K. (2017). Pengantar Perilaku Organisasi: Teori, Kasus, dan Aplikasi Penelitian. Denpasar Timur: Setia Bakti.

Wibowo, A. 2013, Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v4i2.15275

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.