KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH MELALUI NILAI KEARIFAN LOKAL BATATULUNGAN

Agustina Rahmi(1*), Husnul Madihah(2), Mawar Hariyanti(3), Dwi Sogi Sri Redjeki(4), Rasuna Rasuna(5), Hariyadi Hariyadi(6)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsad Al- Banjari, South Borneo, Indonesia
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsad Al- Banjari, South Borneo, Indonesia
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsad Al- Banjari, South Borneo, Indonesia
(4) Universitas Sari Mulia, South Borneo, Indonesia
(5) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsad Al- Banjari, South Borneo, Indonesia
(6) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsad Al- Banjari, South Borneo, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi keterampilan komunikasi interpersonal kepala sekolah SMKN 1 Binuang dalam membangun iklim organisasi sekolah melalui nilai kearifan lokal batatulungan, implementasi dan mengidentifikasi faktor-faktor penghambat serta solusi yang ditawarkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi interpersonal kepala sekolah SMKN 1 Binuang yaitu dengan: membuka ruang diskusi, bersikap empati dan membentuk budaya tim. Sedangkan, implementasi keterampilan komuniasi interpersonal yang dilakukan oleh kepala sekolah  yaitu dengan: menciptakan komunikasi yang bersifat terbuka, melakukan identifikasi terhadap permasalahan, mengklasifikasian pendekatan, melakukan pendampinagan, mentoring dan memberikan umpan balik, memberikan nilai-nilai dan memberikan motivasi serta membuat kebijakan yang dapat menciptakan iklim organisasi yang mendukung Adapun, solusi yang dilakukan kepala sekolah apabila terdapat tantangan dan hambatan yaitu dengan berusaha memahami/ mendengarkan, melakukan penanganan secara sistematis/ bertahap, berupaya mencari solusi yang bersifat konstruktif, adil dan bijaksana, serta membuat iklim sekolah yang penuh dukungan dan penghargaan sebagai upaya preventif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Devito, J. (1997). Human Communication atau Komunikasi Antarmanusia Alih Bahasa Agus Maulana. Jakarta: Professional Book.

Gibson, J.L., John M.I, James H.D, Jr, R.K. (2006). Organizations, Behavior, Sructure and Proceses. Boston: McGraw-Hill.

Golhaber, Gerald, M. (1993). Organizational communication. Fifth Edition. Dubuque, Iowa: WCB Publisher

Hartley, P. (1999). Interpersonal Communication, Second Edition. London: Roudledge.

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antarpersonal. Jakarta: Kencana

Litwin Gh, & Stringer Ra Jr. (1968). Motivation And Organizational Climate. Boston: Harvard University Press.

Pace, R. Wayne & Faules. (2010). Komunikasi Organisasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Permendiknas No 13 tahun 2007. Tentang Supervisi Akademik Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala sekolah.

Redding, W. Charles (1972). Commnication within in the Organization: An Interpretive of Theory and Research. New York Industrial Communication Council.

Spitzberg, B. H., & Cupach, W. R. (1989). Handbook of Interpersonal Competence Research. New York: Springer-Verlag.

Supartha, W.G., & Sintaasih, D.K. (2017). Pengantar Perilaku Organisasi: Teori, Kasus, dan Aplikasi Penelitian. Denpasar Timur: Setia Bakti.

Ting-Toomey, Stella. (1999). Communicating Across Cultures. New York: The Guilford Publications, Inc.

Umam, K. (2012). Manajemen Organisasi. Cet. 1. Bandung: Pustaka Setia




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v4i2.15274

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.