GAYA BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI BANJARMASIN

M Eka Prasetia(1*), Ainun Heiriyah(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Negeri di Banjarmasin dan faktor apa yang menyebabkan guru kelas belum memahami gaya belajar siswanya. Adapun metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode kualitatif berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah gaya belajar yang ada pada siswa kelas V lebih dominan ke gaya belajar visual meski ada beberapa siswa yang memiliki gaya belajar auditori dan kinestetik, karena kebanyakan siswa berdasarkan hasil wawancara dan observasi lebih senang melihat, membaca dan mencatat serta mendengarkan penjelasan guru mengenai materi yang diajarkan. Hasil lainnya berdasarkan hasil wawancara adalah guru kelas V memang belum memahami gaya belajara siswanya karena guru belum pernah melakukan tes gaya belajar dan juga belum pernah mengikuti pelatihan tentang gaya belajar, selain itu juga sarana dan prasarana disekolah belum mendukung dalam proses pembelajaran,sehingga penyamapain amateri pun masih terbatas pada metode yang biasa dilakukan dalam pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainal Mardhiah, (2017). Jurnal Mudarrisuna: Pengaruh Desain Metodologi Pembelajaran PAI Berbasis Gaya Belajar Visual Terhadap Prestasi Belajar Mahasisswa Vol 7, No 2, h.236.

Al-Rasyidin dan Wahyuddin Nur Nasution (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing

Amir Mahmud, (2017). Economic Education Analysis Journal: Pengaruh Gaya Belajar dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Vol.6, No2 h.518.Amin, Alfauzan. 2015. Metode Pembelajaran Agama Islam. cet-1 . IAIN Bengkulu

Andri Priyatna, (2013), Pahami Gaya Belajar Anak, Jakarta: Kompas Gramedia, h.3.a

Bobbi DePorte, Mike Hernacki (2003). Quantum Learning; Kebiasaan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, (Bandung, Mizan Media Utama), h.110

Creswell, J. W. (2016). Research Design; Pendidikan Metode Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran (A Fawaid, & R. K Pancasari Penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Departemen Agama Islam RI. (2005). Al-Quran dan Terjemahannnya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro

Deni Febrini, Psikologi Pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2017), hal 143-144.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dwi Prasetia Danarjati, dkk, Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta: Bumi Askara, 2014),hal 44

Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hanafy, Muh. Sain. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera. Pendidikan,. 17(1). 66-79.

Jeanete Ophilia Papilaya, Neleke Hulise, (2016). Jurnal Psikologi Undip: Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa, Vol.15, No1, h.58.

J.P. Chaplin. (2011). Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, h.531

Maria Magdelena, Erny Rachmawati, C. Asri Budiningsih, (2014), Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan: Pengaruh Mind Mampping dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPA, h.134.

Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

M. Nur Ghufron. (2012). Gaya Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Muh. Sain Hanafy, Jurnal Pendidikan: Konsep Belajar dan Pembelajaran , Lentera Pendidikan, Vol. 17 No. 1 Juni 2014: 66-79, hal 74.

Narbuko, Cholid. (2009). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen & Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas, (Bandung: Permana, 2006)

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sagala, Syaiful. (2005). Konsep Makna Pembelajaran (Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar). Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sarvenaz Hartami (2012). Learning Style, Key Concepts in ELT,h; 488-490.

Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan; Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks

Sprenger, Marille (2011). Cara Mengajar Agar Siswa Tetap Ingat. Jakarta:Erlangga

Sudjana, Nana. (2010). Cara Belajar Siswi Aktif. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Askara

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suyadi (2015). Teori Pembelajaran Anak Usia

Dini. Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2015

Syah, Muhibbin. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosada Karya Edisi Revisi

Ula, S. Shoimatul. (2013). Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan melalui. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar-ruzz. Media. dkk, Muhaimin.

Widura, Sutanto. (2019). Be An Absolute Genius Panduan Praktis Learn How To Learn Sesuai Cara Kerja Alami Otak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2009.

Yeni Andriani, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran dan Pendekatan dalam Proses Pembelajaran, 2014, hal 24. diakses melalui http://cubbytembem.blogspot.com/2014/10/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html?m=1 tanggal 12 Februari 2023

Zaim Elmubarok, (2013), Membumikan Pendidikan Nilai, Bandung:Alfabeta, h.116.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v4i2.15272

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.