PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTS MUHAMMADIYAH 2 DAN MTS KEBUN BUNGA KOTA BANJARMASIN

ihsan nasuhi(1*)

(1) Kemenag Kota Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media dan kompetensi pedagogic guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTs Muhammadiyah 2 dan MTs Kebun Bunga Kota Banjarmasin. Penelitian ini memfokuskan pada aspek, yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogic terhadap hasil belajar, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar, serta untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogic dan penggunaan media terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun Populasi yang digunakan dari kelas 7, 8, dan 9 pada dua madrasah swasta dengan jumlah 111 responden. Mengingat jumlahnya yang tidak banyak, maka peneliti menggunakan sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil menggambarkan terdapat hubungan atau pengaruh kompetensi guru pada hasil belajar, 2) ada pengaruh signifikan dan ini mengindikasikan bahwa terdapat hubungan atau pengaruh media terhadap hasil belajar, 3) Hasil perhitungan memberikan gambaran besar R yakni 0,880 yang besarannya kisaran antar 0,800-1,000. Kondisi memberikan gambaran bahwa didapati hubungan kompetensi dan media pembelajaran pada hasil belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Majid. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Agus Wibowo dan Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Ahmad Susanto. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar,Jakarta: Prenada Media Group.

Anita, S. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Asef Umar Fahruddin. (2012). Menjadi Guru Faforit, Jogjakarta: DIVA Press.

Aulia. S. (2020). Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi.20 Juli

Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar.

http://www.suara.com/yoursay2020/09/25/1 75556

Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi.

Budiningsih, A. (2008). Pembelajaran Moral. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J. (2014). Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Penerjemah Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, S. B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetesi Guru. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. (2012). MetodologiPenelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Gedviliene, G. (2012), Social Competence Of Teacher and Student: The Case Study Of Belgium and Lithuania.

Hadi, S. (2015). Statistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jamil Suprihatiningrum, (2013.Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Janawi. (2012). Kompetensi Guru Citra Guru Profesional, Bandung: Alfabeta.

Jose, A. (2015, September 20). Okezone. Retrieved Februari 25, 2020,

Mariyana, R. (2015). Proses Pembelajaran SMA Berbasis Modern. Jurnal Modern Learning, Vol VI, No.5, h.3.

Mularsih heni.M.M,M.Psi.Dr.dan Karwono, M. Pd.H..Dr. Prof. (2017)

Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar.

Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

M. Burhan Bungin. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Ed. I Cet. III, Jakarta: Kencana.

Munirah, 2020. Menjadi Guru Beretika dan Profesional. Sumatra Barat: CV. Insan Cendekia Mandiri.

Oetomo, & Priyogutomo, J. (2004). Kajian Terhadap Model e-media dalam Pembangunan Sistem e-Education. Seminar Nasional Informatika. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Purwanto, (2011). Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: PustakaPelajar.

Rahmaniar, Haris, A., & Martawijaya, M. A. (2015). Kemampuan Merumuskan Hipotesis Fisika pada Peserta Didik Kelas X MIA SMA Barrang Lompo. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, Volume 3, Nomor 3, ISSN: 2302-8939, 234.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soemanto, W. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (1989). Dasar-Dasar pbm. Bandung: CV. Sinar Baru.

Sudjana, N. (1989). Penelitian Hasil Proses Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa PandemiCovid-19. Jurnal

Riset Ekonomi dan Bisnis 13 (1), 107.

Sugiyono. (2011). Statistika Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharso, P. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis. Jakarta: PT. Malta Pritindo.

Suharsimi Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Suharso, P. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis. Jakarta: PT. Malta Pritindo.

Sukmawati, F. (2016). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Biologi SMA Berbasis Android Untuk Bekal Menghadapi UAN di SMP Islam Bakti Surakarta, Jurnal Teknologi Informasi. VOL XI, No.31, h. 2.

Suryani, N. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Uno, Hamzah Uno B. (2009). Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyono, P. & Husamah. H (2020). Jurnal Pendidikan Profesi Guru I (1)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v4i2.15270

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.