KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERLANDASKAN SEMBOYAN MURAKATA

Annisa Ulfah(1*), Muhammad Ikhwan Ridhani(2), Muhammad Rizky Azmi(3)

(1) PROGRAM STUDI MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
(2) PROGRAM STUDI MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
(3) PROGRAM STUDI MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini mengkaji peran kepemimpinan Kepala Sekolah yang didasarkan pada semboyan Murakata dalam konteks pendidikan. Semboyan Murakata sebagai landasan kepemimpinan memberikan dasar filosofis yang memandu tindakan kepala sekolah dalam mengelola sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi dan dampak kepemimpinan Kepala Sekolah yang mengintegrasikan nilai-nilai Murakata dalam pengambilan keputusan dan interaksi di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan melibatkan studi literatur dan analisis kontekstual, dengan fokus pada prinsip-prinsip Murakata yang diaplikasikan dalam kebijakan dan praktik kepemimpinan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang bagaimana kepemimpinan Kepala Sekolah yang berlandaskan semboyan Murakata dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan iklim sekolah secara keseluruhan. Studi ini dapat menjadi sumbangan penting dalam pengembangan teori dan praktik kepemimpinan pendidikan berbasis nilai.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiman, A., Sudarno, S., & Putra, A. A. M. S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Nasional (Studi Kasus di SD Negeri 18 Pekanbaru). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 87-100.

Mansir, F. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Humanis. TADBIR MUWAHHID, 5(2), 149-166.

Meilani, H., Lubis, M. J., & Darwin, D. (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4374-4381.

Muslim, B., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 9(1), 149-158.

Rukmana, A. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 81-98.

Santiari, L.P., Sunu, I. G. K. A., & Dantes, K. R. (2020). Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 1-10.

Sonedi, S., Sholihah, T., & Dihasbi, D. (2018). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru: The role of principal leadership in improving teacher performance. Anterior Jurnal, 18(1), 13-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v1i01.14048

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.