PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGEMBANGAN AKTIVITAS MENGAJAR MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DI SDN BAGUS 2

Monalisa Monalisa(1*)

(1) SDN Bagus 2 Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

       Kenyataan di lapangan diketahui bahwa kemampuan guru di SD Negeri Bagus 2 masih lemah dalam pembuatan media pembelajaran khususnya power point, sehingga pembelajaran masih kurang menyenangkan dan monoton. Guru sebaiknya harus memahami cara menyesuaikan tingkat kemampuan dan kompetensi siswa melalui pembuatan media pembelajaran khususnya power point yang baik untuk meningkatkan proses pembelajaran. Salah satu pengembangan kemampuan guru agar proses pembelajaran lebih aktip dan menyenangkan yaitu dengan melakukan IHT pembuatan media pembelajaran power point yang dalam pelaksanaanya lebih mudah dalam analisis hasil dan tindak lanjut yang akan dilaksanakan.

     Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah semua guru di SDN Bagus 2 berjumlah 10 orang yang terdiri dari 6 guru kelas , 1 guru agama, dan 2 orang guru olahraga dan 1 guru Mata Pelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil observasi kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran power point .

      Terjadi peningkatan pada setiap siklus. Hasil kemampuan guru membuat media pembelajaran power point pada siklus I memperoleh skor nilai 79% atau kategori “Baik”, sedang kemampuan  guru pada siklus II memperoleh skor 86% dengan kategori “ Sangat Baik”. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan  bahwa kemampuan guru membuat media pembelajaran power point pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu kemampuan  guru membuat media power point  dianggap berhasil jika sudah mencapai ≤ 85% mencapai kriteria “Sangat Baik”.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Pelaksanaan In House Training pembuatan media pembelajaran power point dapat meningkat kemampuan guru dalam pengembangan aktivitas mengajar di SDN bagus 2.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional : Menciptakan pembelajaran Kreatif dan menyenangkan . Bandung : Remaja Rosdakarya

Munthe Bermawi. 2009 .Desain Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Insan Mandiri

Nana Syaodih. 1998. Pengembangan Kurikulum : Teori Dan praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Oemar Hamalik. 2011. Proses Belajar

Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara

Sardiman AM. 2004. Interaksi dan Inovasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali

Usman Moh Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung : remaja Rosdakarya

http//tikettraining.com/pengertian in house training-tujuan dan manfaatnya.html

http://tisna-dj.blogspot.com/Makalah Aktivitas Guru/ 23 Agustus 2022

http://www.zonareferensi.com/ Pengertian Mengajar.html/ 23 Agustus 2022

Microsoft powerpoint-wikepedia bahasa Indonesia. ensiklopedia; id.wikipedia. org /wiki/micrososft-PowerPoint. / 22 Agustus 2022

http//; tasik-blog.blogspot.com/2009/01/pengertian power point.html / 22 Agustus 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v3i2.11507

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.