PENERAPAN PENDEKATAN SUPERVISI KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SDN KUIN SELATAN 4 BANJARMASIN KOTA BANJARMASIN

Hairul Hairul(1*)

(1) SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Mutu sekolah berkaitan dengan supervisi kepala sekolah. Supervisi adalah usaha untuk memperbaiki situasi belajar mengajar atau bantuan yang diberikan kepada guru oleh kepala sekolah dalam melaksanakan tugas profesionalnya agar mampu membantu peserta didik dalam belajar untuk menjadi lebih baik. Supervisi ini berupa dorongan, bimbingan, dan kesempatan menumbuhkan keahlian guru, seperti pembuatan perencanaan pembelajaran yang kreatif, pemilihan alat-alat pelajaran dan metode mengajar yang lebih baik, cara penilaian yang sistematis terhadap seluruh proses pengajaran, dan sebagainya. 

       Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan proses supervisi kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah.

       Hasil penelitian menunjukkanProses supervisi dengan menerapkan pendekatan supervisi kolaboratif mengalami perkembangan dari siklus 1 ke siklus 2. Peningkatan kompetensi profesional guru dari pra-siklus ke siklus 1 sebesar 18,18 poin. Rata-rata kompetensi profesional guru pada prasiklus sebesar 52,27 dengan kriteria kurang dan pada siklus 1 sebesar 70,45 dengan kriteria cukup. Kompetensi profesional guru juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18,19 poin. Rata-rata kompetensi profesional guru pada siklus 2 sebesar 88,64 dengan kriteria baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru di SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan supervisi kolaboratif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali Imron (2011). Supervisi Pembelajaran Tingkat

Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi

Aksara

Alfonso, RJ., Firth, G.R., dan Nevile, R.F. (1981). Instructional Supervision, A Behavior System, Boston: Allyn an Bacon, Inc.

Anwar, Muhammad. (2018). Menjadi Guru

Profesional. Jakarta: Prenamedia Group.

Arifin, Daeng. (2008) Teori EMASLIM Peran Kepala Sekolah Professional. Pustaka AlKasyaf, Bandung.

Dadan Wahidin (2009). Pentingnya Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal terkemuka Manajemen Pendidikan, Educational

Leadership.

Depdiknas Republik Indonesia (2003). UndangUndang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, BP. Panca Usaha

Mulyadi, Fahriana Swastika Ava (2018). Supervisi Akademik, konsep, Teori, Model

Perencanaan, dan Implikasinya. Malang: Madani

N.A., Amatembun (2000) Supervisi Penuntun Para Penilik Pengawas dan Guru-guru Edisi ke5. Bandung: Suri.

Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/ Madrasah.

Sergiovanni, T.J (1982). Editor. Supervision of Teaching. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Sholeh Hidayat, (2017). Pengembangan Guru Professional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syaiful Sagala (2010). Supervisi Pembelajaran. Dalam Profesi Pendidikan.Bandung,

Alfabeta

UU RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v3i2.11506

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.