MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN SUPERVISI KELAS DI SDN KUIN SELATAN 4 BANJARMASIN KOTA BANJARMASIN
(1) SDN Kbuin Selatan 4 Banjarmasin Kota Banjarmasin
(*) Corresponding Author
Sari
Dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah seorang guru hendaknya mampu memilih dan mendayagunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Pada umumnya guru jarang menggunakan model pembelajaran dalam setiap proses pembelajaran, karena kurangnya pemahaman guru terhadap model-model pembelajaran yang dapat memudahkan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas. Sebenarnya ada banyak model pembelajaran yang bisa dipakai oleh setiap guru dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan model-model pembelajaran yang sesuai, tentunya siswa akan termotivasi dalam belajar, dan hal ini akan berdampak positif pada hasil belajarnya. Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah penerapan model-model pembelajaran melalui kegiatan supervisi kelas dapat meningkatkan mutu pembelajaran pada siswa di SD Negeri Kuin Selatan 4 Banjarmasin?”.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa penerapan model-model pembelajaran melalui supervisi kelas oleh kepala sekolah terbukti berhasil meningkatkan kemampuan guru SD Negeri Kuin Selatan 4 Banjarmasin dalam mengelola proses pembelajaran, bukan saja proses belajar siswa bermakna, tetapi juga hasil belajarnya meningkat.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Annisyahmai. (2020). Supervisi Akademik Kepala
Sekolah, sumber:
http://ejournal.unib.ac.id/index.php/manaje rpendidikan/article/view/3201/ diakses pada tanggal 1 Juni 2020.
Erman Suherman, (2009). Model-model Pembelajaran.http :/re-
searchengines.com/1207trimol.html Penelitian Tindakan Sekolah.
Goldamer, R. et. All (1993). Clinical Supervision: Special Methods For The Supervision of Teacher (3th edn). Forwoth: Harcourt Brace Jovanovich.
Iim Waliman, dkk. (2001) Supervisi Kelas (Modul Manajemen Berbasis Sekolah). Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Juni, Doni, dan Somad. (2014). Manajemen Supervisi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Lestriyani, Indri dan Endang Herawan, (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kompensasi Terhadap Kinerja Mengajar
Guru, sumber:
http://media.neliti.com/media/publications/ 79218-ID-pengaruh-supervisi-kepalasekolah-dan-ko/ diakses pada tanggal 5 Pebruari 2021.
Mitchell, T. R., & Larson, J. R., jr (1987). People in Organizations an introduction nto
organizational behavior (3rd ed). Singapure:
MC Graw Hill Book Company.
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah..
Piet A. Sahertian. (2019). Konsep Dasar dan teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Jakarta: Rineka Cipta.
Poerwadarminta.W.J.S. Kamus Besar Bahasa
Indonesia.
Ross, L. Neagley & Dean, N. Evans. (1980). Handbook for effective Suopervision of Instruction, Third Edition.
UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Mendiknas Nomor 11 Tahun 2005 beserta
Penjelasannya. Bandung: Citra Utama.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v3i2.11505
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.