MANAJEMEN PENILAIAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI TK AZZAHRA DAN UPTD TK NEGERI PEMBINA BAJUIN

Zauhar Latifah(1*), Kasypul Anwar(2), Muhammad Yuliansyah(3)

(1) UNISKA MAB
(2) UNISKA MAB
(3) UNISKA MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen penilaian kinerja guru dalam meningkatkan mutu sekolah di TK Azzahra dan UPTD TK Negeri Pembina Bajuin. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan ditempat terjadinya gejala-gejala yang diteliti, data-data yang diperoleh dari hasil pengamatan baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penilaian kinerja guru dalam meningkatkan mutu sekolah TK Azzahra dan UPTD TK Negeri Pembina Bajuin yaitu 1) Melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, 2) Upaya dalam meningkatkan mutu sekolah dengan cara melakukan strategi pembelajaran yang perlu diperhatikan guru/tenaga pendidik dalam proses pembelajaran yaitu strategi pengorganisasian dan strategi penyampaian termasuk pula membuat catatan kemajuan belajar siswa, strategi penyampaian menekankan pada media apa yang dipakai untuk menyampaikan pembelajaran, dan strategi pengelolaan menekankan pada penjadwalan penggunaan setiap komponen.

            Hasil dari penelitian ini meski penerapan kurikulum yang sama yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) namun dalam terdapat penerapan materi pembelajaran yang berbeda. Sementara dari motivasi dan kinerja guru dalam meningkatkan mutu di sekolah, prinsip kepemimpinan kepala sekolah di kedua sekolah menggunakan asa demokrasi dalam kepemimpinan nya, sehingga peran serta guru dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu dan pelayanan terbaik dapat terlihat dengan nyata.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akdon. 2009. Management Strategic. Bandung: Alfabeta.

Al-Ghazali. 2017. Ihya Ulumuddin, Jilid II. Alih Bahasa H.Ismail Jakub.Jakarta : CV.Faizan.

Arifin, A. K., & Fardana, N. A. 2014. Peran Pendidikan PAUD dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalu Metode Pembelajaran Sentra dan Lingkaran. Jurnal Psikolog Pendidikan Dan Perkembangan. 188-198.

Azwar, S. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar Offset.

Choirul Fuad Yusuf. 2008. Budaya sekolah dan Mutu Pendidikan. Jakarta : PT. Pena Citrasatria.

Dyah Rahmawati, 2020. Pengaruh Penilaian Kinerja Guru, Uji Kompetensi dan Sertifikasi Terhadap Motivasi Kerja Guru Kelas Sekolah Dasar (Penelitian Kuantitatif Deskriptif di Gugur Lokawijaya Siwi Koordinator Wilayah Kecamatan Karanglewes), Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Dasar Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiah Purwokerto.

Edwar Sallis. 1993. Total Quality Management n Education, (London ; Koga Pege Limited. hlm.35.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Depdiknas. 2009. Permendiknas No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Hamsah. 2017. Pengaruh Kompetensi Tenaga Pendidik Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMP Negeri 5 Duampanua Kabupaten Pinrang. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta : Salemba Humanika.

Hendrik A.E.Leo 2019. Model Determinan Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Kupang Nusa Tenggara Timur. Desertasi, Prodi Doktor Manajemen Kependidikan Pascasarjana Universita Malang.

Harnipa, 2016. Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi, Minat, dan Hasil Belajar Fisika Kelas IX SMA Negeri Se Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian “expost-facto”. Tesis, Program Pascarjana Universitas Negeri Makassar

Ihsana El-Khuluqo. 2015. Manajemen Paud ; Pendidikan Anak Usia Dini, (Yogjakarta ; Pustaka Pelajar), hlm.40.

Imron Arifin. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). 1500–1504.

Kadir, A. 2006. Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). (19), 6–26.

Kamila, I. N. 2017. Perbedaan Kinerja Mengajar Guru Pendidikan Anak. Tunas Siliwangi, 3(1), 38–56.

Kemendikbud. 2018. Permendikbud No. 20 Tahun 2018 Tentang Satuan Pendidikan Nasional. Jakarta.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mussardo, G. 2019. Peningkatan Kinerja Guru Paud Paud Dalam Rangka Pengembangan Karakter Peserta Didik. Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Muhyidin, 2019. Manajemen Peningkatan Kerja Guru Sertifikasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Klaten. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.

Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Nova Ardy Wiyani. 2014. Mengelola dan Mengembangan Kecerdesan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini ; Padua Bai Orangtua dan Pendidik PAUD, (Yogyakarta ; Ar-Ruzz Media. hlm.7.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 16 Tahun 2007.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta.

Permendiknas. 2007. Permendiknas nomor 41 tahun 2007.

Pianda, D. 2018. Kinerja Guru (Ceatakan 1; T. C. Jejak, ed.). Sukabumi-Jawa Barat: CV. Jejak.

Pidarnata. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta ; Rieneka Cipta. hlm.20.

Rahayu, N. 2015. Peningkatan Mutu Pendidikan Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fatimah Desa Purbayan. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Rachmatullah, R. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. JPUD – Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 369–385. https://doi.org/10.21009/jpud.112.14

Rizky. 2018. Hubungan Kemampuan Manajerial Kepala Satuan Paud Dan Self-Efficacy Guru Dengan Kinerja Guru Di Kecamatan Bukit Kerman Kabupaten Kerinci Propinsi Jambi. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2),5–9.

Rusminingsih. 2014. Pengaruh kompetensi guru dan karakteristik pekerjaan terhadap kinerja dengan mediasi komitmen organisasional. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 73–88.

Rulitawati. 2020. “Model Pengelolaan Kinerja Guru Sekolah Mengengah Atas Muhammadiah di Provinsi Sumatra Selatan”. Desertasi Pacasarjana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktifitas Kerja. Bandung: Refika Aditama.

Shrode, William, A. 1974. Organization and Management Basic System Concepts. Irwin Book Co. Kuala Lumpur.

Sujiono. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini : Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Sari, Rita. 2017. Evaluasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Se-Kota Jayapura, Tesis Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Terry, George R. 2009. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. 2013. Profsionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: GP Press

Grup.

Yoyon Bakhtiar Irianto. 2006. Pembangunan Manusia dan Pembaharuan Pendidikan, (Bandung ; Lab. Adminsitrasi Pendidikan UPI. hlm. 59.

Yuliani Nurani Sujiono. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indek. hlm. 6.

Tesis, Zahra Khusnul Latifah. 2016, Tesis Pengaruh Penilaian Kinerja Guru ( PKG ) dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) di Kecamatan Ciawi Bogor Jawa Barat, Surakarta;




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v3i2.11504

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.