REFORMULASI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Muhammad Nuh(1*)

(1) SMP Negeri 20 Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan sumbangan pemikiran kepada dunia pendidikan berupa reformulasi kepemimpinan pendidikan Islam di era revolusi industri 4.0. Era Revolusi Industri 4.0 merupakan era yang ditandai dengan adanya revolusi digital yakni perpaduan berbagai teknologi yang mengaburkan garis ruang fisik, digital, dan biologis. Era ini berdampak pada semakin dekatnya jarang ruang dan waktu serta mengurangi aktivitas dan komunikasi secara fisik pada lokasi geografis. Semua berubah dari manual menuju serba digital yang ternyata berdampak signifikan terhadap berbagai bidang kehidupan masyarakat, termasuk pada dunia pendidikan. Apabila kepemimpinan pendidikan Islam acuh dan tidak mampu beradaptasi dengan era ini, maka pendidikan Islam akan semakin tertinggal. Untuk itu perlu dilakukan reformulasi kepemimpinan pendidikan Islam, yakni melalui langkah disruptive mindset, self-driving, dan reshape or create. Dengan langkah-langkah tersebut para pemimpin pendidikan Islam akan mampu memberikan perubahan bagi pengembangan pendidikan Islam . Reformulasi kepemimpinan pendidikan Islam ini juga perlu didukung pula dengan penguatan terhadap user, penguatan strategi, dan penguatan teknologi informasi dan komunikasi yang berlandaskan pada nilai-nilai ke-Islam-an dan applicable sehingga pendidikan Islam mampu memberikan apa yang menjadi harapan dan kebutuhan masyarakat di era ravolusi industry 4.0

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Abdurrahman Saleh. 1990. Teori-teori

Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an,Terj.

M. Arifin dan Zainuddin. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Daradjat, Zakiah. 1995. Pendidikan Islam dalam

Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama.

Muhammad, Haris. 2019. Manajemen Lembaga

Pendidikan Islam dalam Menghadapi

Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen

Pendidikan, 1 (1): 45-57.

Indrafachrudi, Seokarto dkk.1993. Pengantar

Kepemimpinan Pendidikan, Surabaya:

Usaha Offset Printing.

Juwariyah. 2010. Dasar-dasar Pendidikan Anak

dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Teras. Kasali, Rhenald. 2017. Disruption “Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum

Dihadapi

Motivasi Saja Tidak Cukup” Menghadapi

Lawan-Lawan Tak Kelihatan dalam

Peradaban Uber. Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Utama.

Langgulung, Hasan. 1988. Pendidikan Islam.

Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Ma’arif, Syamsul. 2007. Revitalisasi Pendidikan

Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu. Muchtar,

Heri Jauhari. 2005. Fikih Pendidikan.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2004 Menjadi Kepala Sekolah

Professional, Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Mulyono. 2012. Educational Leadership.

Malang: UIN-Malang Press.

Nizar, Samsul. 2008. Memperbincangkan

Dinamika Intelektual dan Pemikiran

Hamka tentang Pendidikan Islam. Jakarta:

Kencana.

Qomar. 2009. Mujamil, Manajemen Pendidikan

Islam, Jakarta:

Erlangga. Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan

Islam. Yogyakarta:

LKiS Yogyakarta. Saebani, Beni Ahmad. 2012.

Filsafat Manajemen. Bandung: Pustaka

Setia. Umar, Bukhari. 2010. Ilmu

Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Yunus, Mahmud. TT. Pokok-pokok Pendidikan

dan Pengajaran. Jakarta: Hidakarya

Agung.

Zainuddin, Muhadi dan Abd. Mustaqim. 2012.

Studi Kepemimpinan Islam: Konsep,

Teori, dan Praktiknya dalam Sejarah.

Yogyakarta:




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v3i1.10150

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.