PENGELOLAAN LAYANAN PEMULASARAN JENAZAH RSUD RATU ZALECHA BERBASIS WEB

Indu Indah Purnomo(1), Fauzi Yusa Rahman(2), Agus Setiawan(3), Erfan Karyadiputra(4*)

(1) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan MAB
(4) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


RSUD Ratu Zalecha merupakan salah satu rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Banjar yang mempunyai tugas melaksanakan pelayanan kesehatan dalam rangka menyelenggarakan upaya kesehatan secara berdaya guna dan berhasil guna dengan mengutamakan upaya penyembuhan dan pemulihan yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu serta upaya peningkatan pencegahan penyakit dan melaksanakan upaya rujukan. Bidang instalasi pemulasaran jenazah RSUD Ratu Zalecha dilakukan menggunakan sistem penginputan manual, membuat pengelolaan pelayanan memerlukan lebih banyak waktu, sulitnya pencarian data, keamanan yang kurang, sehingga belum maksimal dan efesien Aplikasi  berbasis web untuk menggantikan pekerjaan yang awalnya masih secara manual menjadi berbasis komputer menggunakan metode penelitian jenis waterfall, pada proses metode jenis ini menggambarkan proses mudah dengan urutan pada perkembangan perangkat lunak. Pada metode penelitian jenis waterfall memiliki proses dan memiliki tahapan yang terurut antara lain: requirement analysis (analisa kebutuhan), design (desain), coding (penulisan kode program), testing (pengujian), dan maintenance (pemeliharaan). Aplikasi tersebut diharapkan dapat mempermudah pengelolaan layanan pemulasaran jenazah pada RSUD Ratu Zalecha

Kata Kunci:  website, pemulasaran jenazah, RSUD Ratu Zalecha



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kesehatan, K. (1990). Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 286/Menkes/SK/VI/1990. Indonesia: Kementrian Kesehatan.

Untoro, E., & Antonio, F. (2021). Anteseden Dari Family Satisfaction Serta Dampaknya Terhadap Hospital Image (Studi Pada Pelayanan Di Kamar Jenazah Dan Pemulasaran Jenazah Pada Rumah Sakit SwastaTipe “B”) . Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 1-9.

Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Prawiro, M. (2019, 4 30). Pengertian Aplikasi: Arti, Fungsi, Klasifikasi, dan Contoh Aplikasi. Retrieved from maxmanroe.com: https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-aplikasi.html

Prayoga, S. H., & Sensuse, D. I. (2010). Analisis Usability Pada Aplikasi Berbasis Web Dengan Mengadopsi Model Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). Journal of Information Systems, Volume 6, Issues 1, 70-79.

Pressman, Roger, S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak.Pendekatan Praktisi. Edisi 7. Yogyakarta : Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v14i1.9562

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.