PROTOTYPE APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK PENGENALAN ORGAN TUBUH MANUSIA

Rezky Izzatul Yazidah Anwar(1*), Jauhari Maulani(2), Rina Alfah(3)

(1) Fakultas Teknologi Informasi UNISKA MAB BANJARMASIN
(2) Fakultas Teknologi Informasi UNISKA MAB BANJARMASIN
(3) Fakultas Teknologi Informasi UNISKA MAB BANJARMASIN
(*) Corresponding Author

Sari


Sebagai Pendukung pembelajaran biologi dasar yang semula hanya menggunakan pedoman buku ajar, maka kami membuat perancangan aplikasi berbasis android untuk penunjang pembelajaran tersebut. . Untuk menarik minat para pelajar khususnya yang berkaitan dengan organ dalam manusia, kami bermaksud menggunakan teknologi yang telah dikembangkan saat ini yaitu teknologi Augmented Reality atau yang biasa dikenal dengan AR. Augmented Reality (AR) adalah suatu teknologi yang memasukan citra 3D kedalam lingkungan nyata secara real-time menggunakan perantara kamera. Penelitian ini akan memasukan teknologi AR kedalam metode pembelajaran organ dalam manusia, sehingga proses belajar-mengajar akan lebih menarik dan menyenangkan. Untuk pembuatan aplikasi menggunakan tools Unity 3D dengan Vuforia sebagai library untuk deteksi dan database marker serta Android Studio dan Java sebagai JDK, SDK, dan NDK pada Unity 3D, dan untuk pemodelan dan pembuatan objek 3D menggunakan aplikasi Blender, sedangkan untuk desain user-interface menggunakan software Photoshop CS6. Hasil dari penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pengenalan organ dalam manusia menggunakan teknologi Augmented Reality dengan metode marker-based pada platform Android


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rusnandi, E., Sujadi, H., & Fauzyah, E. F. N. (2016). Implementasi Augmented Reality (AR) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar. INFOTECH journal.

Rifa'i, M., Listyorini, T., & Latubessy, A. (2014). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada aplikasi katalog rumah berbasis android. Prosiding SNATIF.

Saputra, A. W., & Astuti, P. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Hardware Komputer Berbasis Teknologi Augmented Reality dengan Menggunakan Android. Faktor Exacta.

W., Y., R., A., & Ismail, N. A. (2019). Perancangan Aplikasi Android Augmented Reality Media Pembelajaran Do’a Sehari-hari. Jurnal Informasi.

Setiawan, E., Syaripudin, U., & Gerhana, A. Y. (2016). Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android.

Fatimah, Irawati, & Purnawansyah. (2020). Aplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Untuk SD Kelas 5 Berbasis Android. Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam.

Muntahanah, Toyib, R., & Ansyori, M. (2017). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus PT. Jashando Han Saputra). Jurnal Pseudocode.

Balamba, K. M., Lumenta, M. S. A., & Sugiarso, A. B. (2017). Animasi 3 Dimensi Penyakit Jantung Koroner Pada Manusia. E-Journal Teknik Informatika Vol. 11, No. 1 Tekno.

Rori, J., Sentinuwo, S., & Karouw, S. (2016). Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi 3D. E-Journal Teknik Informatika Vol. 8, No. 1, ISSN: 2301-8364.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v14i1.8051

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.