PENERAPAN APLIKASI MANAJEMEN KREDIT PADA CV.UNION MOTOR BANJARMASIN

Agus Alim Muin(1*), Wagino .(2)

(1) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Biasanya piutang kredit motor oleh pihak dealer dikelola secara khusus disebuah buku piutang atau jurnal khusus buku piutang debitur. Pihak intern dealer memberikan perhatian ekstra pada pelanggan kreditnya agar tidak terjadi hal yang akan merugikan pihak dealer misalnya Piutang yang tidak Tertagih atau Piutang yang sudah lewat jatuh tempo tak kunjung menerima pembayaran dari pelanggan.Metode yang digunakan adalah wawancara,observasi dan studi pustaka. Dengan adanya Aplikasi ini dapat mempermudah pihak Administrasi untuk dapat melakukan pencatatan pada Pengajuan kredit, Pencatatan data pelanggan/debitur,Pembayaran DP, Pembayaran Cicilan dan Pelunasan.Aplikasi ini juga dapat menimalisir waktu yang digunakan pihak administrasi dalam membuat laporan yang diminta oleh pimpinan. Dan dapat memudahkan dalam pencarian konsumen yang sudah jatuh tempo dan pelanggan yang blacklist tanpa ada yang terlewati.Diperlukan sebuah pelatihan khusus bagi karyawan atau staff administrasi agar penggunaan sistem aplikasi ini dapat berjalan dengan baik dan lancar

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahdan, S., Latih, H.S. and Ramadona, S., 2018. Aplikasi Mobile Simulasi Perhitungan Kredit Pembelian Sepeda Motor pada PT Tunas Motor Pratama. Jurnal Tekno Kompak, 12(1), pp.29-33.

Arifin, Z., 2010. Pembuatan Perangkat Lunak Aplikasi Pemesanan dan Penjualan Sepeda Motor (Studi Kasus: Penjualan Sepeda Motor Honda pada CV. Kharisma Motor). Jurnal Informatika Mulawarman, 5(3), pp.39-55.

Chairiyah, C., 2014. Perancangan program aplikasi penjualan sepeda motor secara kredit dengan visual basic. EVOLUSI: Jurnal Sains dan Manajemen, 2(1).

Wijaya, W.S., Handojo, A. and Rostianingsih, S., 2013. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Administrasi pada Dealer Jaya Abadi Motor Jember. Jurnal Infra, 1(2), pp.393-399.

Fauzian, N.A. and Sadiqin, A., 2021. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit Pada Dealer Motor Honda PT Pratama Metropolis Sejahtera. JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS, DAN SOSIAL (EMBISS), 2(1), pp.49-55.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v13i3.7477

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.