IMPLEMENTASI KONSEP FINITE STATE AUTOMATA PADA DESAIN GAME EDUKASI JENIS HEWAN

Muji Ernawati(1*), Windu Gata(2), Eni Heni Hermaliani(3), Laela Kurniawati(4), Sri Rahayu(5)

(1) Universitas Nusa Mandiri
(2) Universitas Nusa Mandiri
(3) Universitas Nusa Mandiri
(4) Universitas Nusa Mandiri
(5) Universitas Nusa Mandiri
(*) Corresponding Author

Sari


Golden periode merupakan periode keemasan perkembangan otak anak usia dini antara 3-6 tahun dimana pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik ataupun mental yang tercepat. Pemahaman seorang anak di usia itu pada dasarnya terbatas pada pemahaman nama-nama hewan yang tidak tahu dari spesies mana mereka berasal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain aplikasi permaian edukasi jenis hewan dengan nama“Animals Kind” membantu anak usia dini memahami berbagai jenis hewan dengan sistem belajar yang lebih menarik dengan menerapkan konsep Finite State Automata (FSA). Finite State Automata merupakan mesin automata yang digunakan untuk menjelaskan alur sebuah program. Jenis FSA yang digunakan adalah Deterministic Finite Automata. Tahapan penelitian ini terdiri dari Perancangan FSA, Pengujian FSA dan Desain Aplikasi Permainan Edukasi “Animals Kids”. Tahap perancangan dan pengujian FSA dilakukan dengan menggunakan aplikasi Jflab, sedangkan untuk tahap desain aplikasi menggunakan aplikasi Figma. Hasil dari penelitian ini merupakan rancangan desain antarmuka yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan di penelitian selanjutnya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


D. W. Putra, A. P. Nugroho, and E. W. Puspitarini, “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” J I M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 1, no. 1, pp. 46–58, 2016, doi: 10.37438/jimp.v1i1.7.

N. P. Darma Yasa and N. K. N. Noviani Pande, “Game Edukasi Dua Dimensi Pengenalan Hewan Berdasarkan Cara Berkembangbiaknya,” TANRA J. Desain Komun. Vis. Fak. Seni dan Desain Univ. Negeri Makassar, vol. 8, no. 1, pp. 20–30, 2021, doi: 10.26858/tanra.v8i1.19736.

A. Agustin, A. Evel, S. Susanti, and R. Rahmaddeni, “Implementasi Metode Finite State Machine pada Permainan Tradisional Setatak Berbasis Android,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 2, pp. 738–751, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i2.580.

H. F. Ramadhan, S. H. Sitorus, and S. Rahmayuda, “GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA DAN WISATA KALIMANTAN BARAT MENGGUNAKAN METDOE FINITE STATE MACHINE BERBASIS ANDROID,” Coding J. Komput. dan Apl., vol. 07, no. 1, pp. 108–119, 2019, doi: 10.26418/coding.v7i01.32691.

E. Y. Rindyana, “Aplikasi Game Edukasi Tarian Daerah dan Rumah Adat Daerah Berbasis Android,” JISA(Jurnal Inform. dan Sains), vol. 2, no. 1, pp. 24–29, 2019, doi: 10.31326/jisa.v2i1.511.

A. Adil, Pengantar Teori Bahasa Formal, Otomata, dan Komputasi, 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

K. Handayani, D. Ismunandar, S. A. Putri, and W. Gata, “Penerapan Finite State Automata Pada Vending Machine Susu Kambing Etawa,” MATICS J. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 12, no. 2, pp. 87–92, 2019, doi: 10.18860/mat.v12i2.9270.

Sugiyanto, Hamdan, E. H. Hermaliani, T. Haryanti, and W. Gata, “PENERAPAN FINITE STATE AUTOMATA PADA VENDING MACHINE SISTEM PARKIR KENDARAAN MOTOR,” J. Ilm. BETRIK Besemah Teknol. Inf. dan Komput., vol. 12, no. 02, pp. 146–153, 2021, doi: 10.36050/betrik.v12i2.324.

D. Krisnandi, Z. D. Fatiha, J. L. Putra, S. A. Saputra, and W. Gata, “KONSEP FINITE STATE AUTOMATA PADA DESAIN VENDING MACHINE ALAT PRAKTIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN,” J. Keilmuan dan Apl. Tek. Inform. J. Explor. IT, vol. 13, no. 1, pp. 22–27, 2021, doi: 10.35891/explorit.v13i1.2568.

Yanto, I. Dinar, Erni, S. Santoso, and M. I. R. Ihsan, “Desain Game Edukasi Ilmu Tajwid Bagi Anak Usia Dini menggunakan Pemodelan Finite State Automata,” J. Pendidik. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 80–88, 2021, doi: 10.29408/edumatic.v5i1.3317.

R. A. M. Pratama, D. Irawan, E. H. Hermaliani, W. Gata, and T. Haryanti, “PENERAPAN KONSEP FINITE STATE AUTOMATA PADA SIMULASI ALAT PELIPAT PAKAIAN OTOMATIS,” J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, pp. 33–38, 2021, doi: 10.35329/jiik.v7i2.199.

R. Suharsih and F. Atqiya, “Penerapan Konsep Finite State Automata (FSA) pada Aplikasi Simulasi Vending Machine Yoghurt Walagri,” J. Pendidik. Multimed., vol. 1, no. 2, pp. 71–78, 2019, doi: 10.17509/edsence.v1i2.21778.

S. H. Rodger, “JFLAB,” 2009. https://www.jflap.org/ (accessed Nov. 22, 2021).

V. Yulianty, A. Bayhaqy, E. H. Hermaliani, and W. Gata, “PENERAPAN FINITE STATE AUTOMATA PADA PENGAJUAN BERKAS PENYEDIA DALAM LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK,” JIKA (Jurnal Inform., vol. 5, no. 3, pp. 282–289, 2021, doi: 10.31000/jika.v5i3.4683.

E. Wallace and D. Field, “FIGMA 1.0,” 2015. https://www.figma.com/ (accessed Nov. 28, 2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v13i1.6268

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.