ANALISIS PENERIMAAN GOOGLE CLASSROOM MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (STUDI KASUS UNIVERSITAS INFORMATIKA DAN BISNIS INDONESIA)

Zatin Niqotaini(1*), Budiman Budiman(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

Pandemi virus corona (COVID-19) memberikan dampak besar terhadap berbagai aktivitas manusia di seluruh dunia khususnya negara Indonesia, salah satunya aktivitas pendidikan dan kegiatan pembelajaran di kampus. Kebijakan dari pemerintah tentang WFH (work from home) menjadikan proses kegiatan pembelajaran secara tatap muka di kampus dihentikan sementara sejak bulan Maret 2020 hingga waktu yang belum dapat ditentukan. Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia sebagai salah satu institusi pendidikan swasta di Jawa Barat, dituntut untuk mengikuti perubahan metode pembelajaran yaitu pembelajaran jarak jauh (online) yang sebelumnya menggunakan tatap muka secara langsung. Salah satu platform yang banyak digunakan adalah google classroom. Google classroom merupakan aplikasi yang memungkinkan terbentuknya kelas di dunia maya, sebagai salah satu platform yang banyak digunakan tentunya perlu diperlukan evaluasi kepuasaan pengguna terutama mahasiswa agar terdapat perbaikan kedepannya. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) dengan mempertimbangkan faktor Persepsi Kegunaan (Perceived Usefulness), Persepsi Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease Of Use) dan Sikap Terhadap Perilaku (Attitude Toward Using). End-User Computing Satisfaction (EUCS) dengan mempertimbangkan Isi (Content), Akurasi (Accuracy), Tampilan (Format), Kemudahan (Ease) dan Ketepatan Waktu (Timeliness). Subyek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa di lingkungan Unibi. Hipotesis yang menghasilkan hubungan antar konstruk di dalam TAM dan EUCS diukur dengan Structural Equation Model (SEM) dan software AMOS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model TAM dan EUCS dapat menjelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi penerimaan google classroom pada Unibi dimana Perceived Usefullness (PU) dipengaruhi oleh Perceived Ease of Use (PEOU) 52,2%. Attitude Toward Using (AT) dipengaruhi oleh Perceived Usefullness (PU) 34,4%, Content (CT) 25,4%, Accuracy (AC) 11,9%, dan Format (FT) 18,4%.

Kata kunci : E-learning, Google Classroom, Technology Acceptance Model (TAM), End User Computing Satisfaction (EUCS).


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v12i4.5636

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.