KLASTERISASI TINGKAT PENDIDIKAN DI DKI JAKARTA PADA TINGKAT KECAMATAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS

Ragil Kurniawan(1*), M. Mukarrobin M. Mukarrobin(2), Mahradianur Mahradianur(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Abstrak

Pendidikan adalah kebutuhan oleh tiap manusia  dalam menjalani kehidupan dan mempersiapkan kualitas Sumber Daya Manusia pada suatu Negara atau bangsa. Penyelenggaraan pendidikan yang berhasil dapat diukur dari kemeretaan jumlah lulusan dari berbagai jenjang pendidikan di berbagai wilayah. Akan tetapi tidak semua wilayah memiliki kemerataan dalam kualitas pendidikannya. Diperlukan adanya pengelompokan serta penggolongan terhadap kualitas pendidikan masyarakat agar memudahkan pemerintah dalam memberikan perhatian khusus terhadap wilayah yang dinilai kurang tersebut. Tetapi, banyaknya jumlah warga dan wilayah mejadi hambatan dalam pengelompokan serta penggolangan tingkatan pendididkan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan metode Clustering algoritma K-Means dan diproses dengan menggunakan software Weka. Pada penilitan ini penulis menggunakan data jumlah tingkat pendidikan masyarakat per kelurahan di DKI Jakarta pada tahun 2020 yang kemudian diolah kembali menjadi per kecamatan. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis akan diperoleh kesimpulan yang menyatakan wilayah mana yang tergolong dalam tingkat pendidikan tinggi dan tingkat pendidikan yang rendah.

Keywords: Pendidikan, Clustering, K-Means, Weka

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v12i4.5633

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.